Airin Rachmi Diany Lantik Pengurus Forum Kota Sehat Tangsel Periode 2020-2023

By: Sabtu, 20 Maret 2021

Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany melantik pengurus Forum Kota Sehat (FKS) periode tahun 2020-2023 di Aula Blandongan Lantai 4 Gedung Balaikota Tangsel, Jumat (19/3).

Ketua FKS periode tahun 2020-2023 Abdul Rasyid mengucapkan terima kasih kepada Walikota TangselAirin Rachmi Diany yang telah melantik pengurus FKS baru.

”Kami FKS merasa senang, atas pelantikan ini,” ucapnya dalam sambutan pembukanya.

Dirinya menjelaskan pengurus FKS sudah melakukan kegiatan tiga bulan sebelum pelantikan. Kedepan, Abdul Rasyid menambahkan akan menguatkan sistem kelembagaan di tujuh kecamatan dan 54 kelurahan.

”Kami akan mempertajam kepengurusan di tingkat kecamatan ada 20 pengurus dan kelurahan sebanyak lima persen, tujuannya supaya program kerja bisa berjalan dan bermanfaat ke masyarakat,” terangnya.

Ketua DPRD Tangsel ini menambahkan berdasarkan data di Kota Tangsel masih ada 0,14 persen yang menggunakan jamban. Dan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan dan kelurahan untuk melakukan verifikasi faktual.

”Tujuan kami akan melakukan pembenahan sehingga FKS Tangsel di tahun 2023 bisa menjadi organisasi FKS terbaik di Provinsi Banten dan tahun 2022 kembali mendapatkan Swasti Saba Wistara kedua kalinya,” tukasnya.

Sementara itu, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menyakini kepengurusan baru FKS akan lebih baik lagi. Sesuai visi yakni mengimplementasikan tata kelola Forum Kota Sehat terbaik yang dapat mendukung program Pemkot Tangsel dalam mencapai pembangunan kota berkelanjutan, cerdas dan rukun.

”Kalau boleh koreksi, target FKS kepemimpinan Abdul Rasyid, untuk Swasti Saba Wistara tahun ini bisa didapat bukan tahun 2022, begitu juga FKS terbaik tak hanya tingkat provinsi melainkan nasional tahun 2022 bukan tahun 2023,” ucapnya.

”Soalnya ketua FKS merupakan ketua DPRD Tangsel saat ini, saya yakin beliau (Abdul Rasyid-red) mampu mencapainya,” imbuhnya.

Kehadiran sosok Abdul Rasyid, harapannya mampu membawa FKS bisa menyakinkan masyarakat untuk menjalankan pola perilaku hidup sehat. Contohnya, program jamban beberapa waktu lalu, tidak berjalan maksimal. Ia berharap pengurus FKS sekarang bisa menyakinkan masyarakat untuk menggunakan dan memanfaatkan sanitasi.

”Ambil contoh, Kampung Nambo. Lokasi yang dekat dengan pembuangan sampah kini bisa menjadi tertata, ada fasilitas olahraga, taman bermain, ruang belajar dan urban farming berkat dukungan masyarakat. Saya harap, FKS mampu berkolaborasi dengan masyarakat dan bekerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” tandas Walikota Tangsel dua periode ini. (red/fid)


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *