Connect with us

Banten

Aktivitas Gereja Tiberias Bintaro Pondok Aren Dihentikan

Aktivitas peribadatan di Gereja Jemaat Tiberias Bintaro, Kota Tangerang Selatan  dihentikan oleh aparat gabungan dari Trantib Kecamatan Pondok Aren dan Kepolisian setempat, Kamis (1/11).

Penghentian aktivitas gereja itu dilakukan atas desakan masyarakat, dan perubahan alih fungsi rumah yang dijadikan tempat ibadah oleh pengelola gereja.

“Setelah tiga kali pertemuan antara pengelola gereja, tokoh masyarakat, dan juga aparat pemerintah bersama kepolisian, terhitung mulai 1 November 2012, aktivitas gereja sepakat dihentikan,” ujar Kapolsek Pondok Aren, Kompol Parmono.

Namun, kata Kapolsek, pihaknya tidak melakukan penyegelan, mengingat sudah adanya kesepakatan dari pihak pengelola untuk tidak lagi melanjutkan aktivitasnya.

Advertisement

Menurut Kapolsek, salah satu kesepakatan menyebutkan, selama bangunan rumah yang dijadikan gereja memiliki izin yang sah, maka peribadatan di gereja tersebut tidak akan dilakukan.

“Tadi kesepakatan itu ditandatangani semua pihak, mulai pengelola gereja, tokoh masyarakat setempat dan juga trantib Pondok Aren. Kami harap kesepakatan ini dipatuhi,” ucapnya.

Lebih lanjut Parmono menjelaskan, keberadaan pihak kepolisian dalam menegahi protes warga atas keberadaan aktivitas jemaat gereja tersebut dilakukan, lantaran adanya ancaman warga untuk melakukan penyerangan jika gereja tetap beroprasi.

“Hal itu yang tidak kami kehendaki. Sebab, jika ada pertikaian berbentuk fisik akan merugikan orang banyak. Makanya, kami fasilitasi warga dan pengelola gereja agar tidak ada bentrok fisik, syukurlah semua menerima,” katanya.

Advertisement

Tokoh masyarakat setempat, H Muit mengatakan, pihaknya memprotes keberadaan gereja dengan sejumlah alasan.

Selain tidak mendapatkan persetujuan warga, gereja yang sudah beraktivitas lebih dari 13 tahun itu juga tidak memiliki izin lengkap, dan kami anggap melanggar ketentuan bangunan.

“Ini sudah tidak berizin, juga sudah melakukan alih fungsi bangunan. Kami tidak berkenan,” imbuhnya, seperti dilansir kabar6.com

Advertisement

Populer