Connect with us

Banten

Andika Hazrumy Hadiri Muscab APDESI Kabupaten Serang

Selaku Ketua Dewan Pembina APDESI ( Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) Provinsi Banten, Andika Hazrumy, menghadiri Musyawarah Cabang (Muscab) APDESI Kabupaten Serang 2022 di Hotel Kayana Puri, Kota Serang, Rabu (29/6). Dalam sambutannya, Andika mengajak para kepala desa di Provinsi Banten untuk menjaga iklim positif pasca-pandemi Covid 19.

“Saya ingin mengajak rekan-rekan para kepala desa yang hadir di sini untuk menjaga iklim baik yang sudah tercipta sekarang ini,” kata Andika yang adalah Wakil Gubernur Banten 2017-2022 tersebut.

Hadir pada acara yang akan memilih Ketua APDESI Kabupaten Serang yang baru tersebut Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, dan Ketua DPRD Kabupaten Serang. Dari APDESI sendiri hadir Ketua Umum DPP APDESI Surta Wijaya, Ketua DPD APDESI Banten Muhadi dan Ketua DPC APDESI Kabupaten Serang M Santibi.

Advertisement

Menurut Andika, kondisi sosial ekonomi pasca dihantam pandemi Covid 19 kini relatif telah mulai bangkit kembali, termasuk di Banten. Hal itu di antaranya merujuk kepada angka laju pertumbuhan ekonomi (LPE) yang telah mulai kembali tumbuh positif ke angka 4,4. “Ini luar biasa karena waktu pandemi tahun lalu LPE kita sampai terkontraksi minus 3,38,” ujarnya.

Andika mengulas, kembali bangkitnya kondisi sosial ekonomi saat ini tidak terlepas dari peran seluruh elemen masyarakat yang mendukung kebijakan-kebijakan pemerintah. Diungkapkan Andika, roda pembangunan sempat terhenti saat pandemi menyerang dunia selama dua tahun terakhir, tidak terkecuali di Banten di mana dirinya saat itu menjabat sebagai wagub.

Pemprov Banten saat itu, lanjutnya, sebagaimana pemerintahan lainnya di Indonesia, melakukan pemindahan alokasi anggaran pembangunan yang tidak sedikit untuk penanganan pandemi Covid 19. Meski begitu, lanjutnya, begitu kondisi pandemi mulai melandai pada akhir 2021, Pemprov Banten langsung tancap gas melakukan tugas-tugas pembangunan yang sempat tertunda tahun-tahun sebelumnya karena pandemi.

 

Advertisement

“Alhamdulillah sekarang hasilnya sektor pelayanan dasar di Banten seperti infrastruktur, pendidikan dan kesehatan relatif terlaksana. Dan hal itu membuat roda ekonomi berputar,” paparnya.

Sementara itu Ketua Umum APDESI Surta Wijaya dalam sambutannya mengaku berharap secara pribadi, Andika dapat menjadi Gubernur Banten di 2024 mendatang. Menurutnya Andika merupakan sosok yang pas memimpin Banten.

Posisi Andika sebagai Ketua Dewan Pembina APDESI Banten saat ini menurut Surta yang adalah Kepala Desa di Kabupaten Tangerang itu, membuat Andika dinilai memahami aspirasi para kepala desa di Banten selama ini. “Kita doakan mudah-mudahan semua harapan ini dikabulkan dan mendapatkan kemudahan,” kata Surta. (*)

 

Advertisement

Populer