Antisipasi Banjir, DBMSDA Tangsel Bersih-Bersih Kali Engram Gintung

By on Selasa, 22 April 2014

Jalan Purnawarman di Kelurahan Pisangan, Ciputat Timur, Tangerang Selatan (Tangsel) merupakan salah satu titik banjir di kota pemekaran dari Kabupaten Tangerang ini. Setiap musim hujan, ratusan rumah warga yang berlokasi di sepanjang jalan itu selalu tergenang.

Tapi itu dulu, sejak saluran air atau Kali Engram Gintung yang melintasi ruas jalan itu dibenahi, tidak terjadi banjir lagi. Pasalnya, bangunan liar, baik itu bangunan semi permanen maupun bangunan permanen yang berdiri di atas saluran itu dibongkar tanpa pandang bulu. Diketahui, keberadaan bangunan itu menjadi salah satu pemicu tersendatnya aliran di Kali Engram Gintung. Sejak akhir 2013 lalu, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangsel melakukan pembongkaran bangunan-bangunan liar itu. Meski mendapat tantangan dari berbagai pihak, namun pembongkaran tetap dilakukan hingga akhirnya sepanjang Kali Engram Gintung itu bersih dari bangunan liar.

Upaya mengatasi banjir di kawasan itu, tak hanya dilakukan dengan pembongkaran bangunan liar saja. Akhir pekan kemarin, pegawai dari DBMSDA Kota Tangsel dipimpin Kepala DBMSDA Retno Prawati berbondong-bondong membersihkan sampah yang ada di sepanjang Kali Engram Gintung. “Terjadi pendangkalan, makanya dibersihkan,” kata Retno.

Retno yang juga turut melakukan bersih-bersih, mengaku aksi yang dilakukan pegawai DBMSDA Kota Tangsel ini juga sebagai upaya edukasi kepada masyarakat sekitar untuk turut memelihara lingkungan sekitarnya. Pasalnya, diakui Retno, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk mengatasi banjir di wilayah itu. “Sebagai pembelajaran, antisipasi banjir dan pencegahan penyakit. Karena kita ketahui, penyakit muncul dari kawasan yang kumuh seperti ini,” kata dia. Nantinya, sepanjang saluran air atau disebut juga Engram Gintung ini bakal diperbaiki serta bakal dipasang pagar pembatas di bibir saluran air tersebut. “Ini dilakukan untuk menjaga kondisi saluran air tetap terpelihara sehingga aliran air dapat lancar dengan baik,” katanya. (iwan/br/kt)