Artspiration, Aspirasi Siswa di Tangerang Melalui Seni

By on Jumat, 3 November 2017

Sebanyak 99 siswa-siswi SMP dari 16 sekolah di kawasan Tangerang menyuarakan aspirasi mereka mengenai isu lingkungan, edukasi, dan sosial melalui kreativitas yang dituangkan dalam bentuk majalah dinding pada Selasa, 24 Oktober 2017 lalu.

Acara perlombaan majalah dinding tingkat SMP bernama “Artspiration” yang diselenggarakan oleh EduCenter ini diadakan atas dasar keinginan untuk menyediakan wadah yang positif bagi para generasi muda untuk menyampaikan pendapat dan turut serta berkontribusi dalam perkembangan bangsa. Didukung oleh Yayasan Indonesia Hijau dan WowArt Studio, serta disponsori oleh Puyo Desserts dan Tombow Indonesia, Artspiration berhasil menjadi salah satu perlombaan majalah dinding terbesar di kawasan Tangerang.

“Isu-isu yang menjadi topik dari setiap majalah dinding sendiri merupakan isu-isu yang memang menjadi perhatian dari Yayasan Indonesia Hijau, yakni lingkungan, edukasi, dan sosial. Kami sebagai panitia dari EduCenter cukup bangga dan takjub melihat banyaknya aspirasi positif dan kreativitas yang dituangkan oleh seluruh peserta dalam perlombaan ini, “ ungkap Bertha Wilvensus selaku ketua panitia “Artspiration” dalam keterangan tertulisnya kepada kabartangsel.com.

Setelah diberikan waktu selama 150 menit untuk membuat majalah dinding, para juri akhirnya melakukan penilaian dan menentukan tiga grup yang menjadi pemenang perlombaan, yakni SMP Stella Maris Gading Serpong selaku juara ketiga, SMP St. Laurensia selaku juara kedua, dan SMP Taruna Mandiri sebagai juara pertama. Para pemenang pun kemudian mendapatkan hadiah berupa trophy, uang tunai, sertifikat, dan bingkisan. Tidak hanya itu, seluruh peserta yang hadir pun turut mendapatkan produk-produk dari sponsor acara.

Salah seorang peserta, yakni Luna dari Sekolah Taruna Mandiri pun memberikan komentarnya mengenai perlombaan ini.

“Sangat menarik, baik dari sisi tempat maupun acaranya juga asyik sekali. Dengan adanya lomba kita bisa menambah wawasan tentang pembuatan majalah dinding dan memperluas pertemanan antar sekolah. Panitianya juga sangat ramah, terima kasih!,” ujarnya.

Sebagai salah satu perwakilan dari pemerhati lingkungan, pendidikan, dan sosial di Indonesia, Yayasan Indonesia Hijau pun turut merasa senang atas antusiasme yang diberikan para peserta selama perlombaan “Artspiration”.

“Semoga dengan kegiatan ini anak-anak dapat lebih berpikir kreatif dan kritis terhadap masalah sosial, lingkungan, dan pendidikan yang ada di sekitar mereka sekarang ini. Serta turut serta untuk memberikan kontribusi nyata sebagai solusi dari permasalahan yang ada ini,” tutur Aris selaku perwakilan Yayasan Indonesia Hijau.

Adanya antusiasme para siswa-siswi yang menyampaikan aspirasi secara poisitif melalui seni ini tentunya turut menjadi suatu inspirasi. Kiranya semangat membangun, kreativitas, dan kepedulian senantiasa dimiliki oleh para generasi penerus bangsa ini. (fid)