Connect with us

Banten

Bahasa Jaseng itu Identitas, Perlu Dilestarikan

Ketua DPRD Banten Andra Soni membuka acara lokakarya hasil konservasi bahasa Jawa Serang (Jaseng) bertempat di Hotel Puri Kayana pada Jumat (17/09/2021).

Acara ini juga hadiri oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Banten Halimi Hadibrata, M.Pd dan beberapa narasumber diantaranya Prof. Tihami, M.A., Prof. Multamia Lauder, dan Wahyu Arya.

Selain itu, kegiatan ini juga diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari akademisi, komunitas, mahasiswa, guru mata pelajaran bahasa Jawa Serang, dinas pendidikan,   dinas pariwisata dan olah raga, perpustakaan daerah dan kearsipan.

Advertisement

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya pelindungan terhadap bahasa daerah yang mengalami penurunan vitalitas,  kemunduran, dan terancam punah.

Perlu diketahui, Bahasa Jawa Serang adalah bahasa  yang dituturkan oleh sebagian besar masyarakat Kota dan Kabupaten Serang, Provinsi Banten.  Sehingga kantor Bahasa Provinsi Banten pada tahun 2021 ini melalukan pengambilan data fonologi, morfologi, sintaksis, dan ortografi Bahasa Jawa Serang sebagai upaya pelindungan terhadap keberadaan bahasa jawa serang.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Banten Halimi Hadibrata, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, bahwa lokakarya ini bertujuan agar bisa menghasilkan bahan ajar disekolah dan perlu dukungan dari segi isi, konstitusi, serta segi hukum.

“Harapan saya kita bisa bekerjasama, curah ide dan pendapat agar dapat menghasilkan tataran ejaan bahasa kemudian pembentukan kata,” harapnya.

Advertisement

Ditempat yang sama, Andra Soni selaku ketua DPRD Banten menyambut baik adanya kegiatan lokakarya ini. Dirinya juga menyampaikan bahwa bahasa jawa serang merupakan bahasa daerah yang tak lain adalah identitas sehingga perlu dilestarikan dan dijaga.

“Ini bukan hanya sekedar menonjolkan Banten tapi bagian dari memperkaya bahasa jawa serang sebagai identitas kita,” jelasnya.

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer