Connect with us

Kampus

BEM Perbandingan Agama UIN Jakarta Dorong Kegiatan Dialog Antar Agama

Jurusan Perbandingan Agama sejauh ini seringkali disalahpahami. Jurusan Perbandingan Agama dipahami sebagai jurusan yang membanding-bandingkan agama semata. Pemahaman seperti itu dianggap merugikan dan terkesan simplistik. Demikian diungkapkan Saniman, salah satu pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Program Studi (Prodi) Perbandingan Agama Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

“Banyak temen-temen saya kaget ketika saya mengatakan dari jurusan Perbandingan Agama. Mereka berkomentar, agama kok dibanding-bandingkan,” ujarnya dalam keterangannya kepada redaksi kabartangsel.com, Senin, (14/12).

Menurut Saniman, Prrodi Perbandingan Agama berkonsentrasi dengan pendekatan ilmu sosial atas ragam fenomena keagamaan di Indonesia. Prodi tersebut berusaha meningkatkan mahasiswa untuk mampu memahami dinamika konflik keagamaan yang sering terjadi, berupaya menemukan strategi mengatasinya dan tentu saja hasil akhirnya guna menciptakan kesejahteraan dan kedamaian antar mereka.

Advertisement

“Oleh sebab itu, kami selalu mengajak kawan-kawan agar menciptakan kegiatan dialog antar agama demi menciptakan pemahaman antar pemeluk agama, tidak terjebak pada beragam isu dan pemberitaan bahwa agama tertentu berpotensi pada kekerasan. Dialog ini tentu saja guna menciptakan kerukunan umat beragama,” pungkasnya. (sul/fid)

Populer