Connect with us

Cek Fakta

Beredar Hoaks Rafi Ahmad Meninggal Dunia

[SALAH] Rafi Ahmad Dikabarkan Meninggal Usai Kecelakaan Dini Hari saat Pulang Syuting – TurnBackHoax.ID

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada)

Salah, Judul artikel dan isi artikel tidak sesuai. Artikel tersebut itu sebenarnya berisi fakta tentang UAS bukan tentang Raffi Ahmad.

=====
KATEGORI: Konteks yang Salah

Advertisement

=====
NARASI:
“Innalilahi Ya Allah…😭😭, Kabar Duka Dari Raffi Ahmad Mengalami Kecelakaan Usai Pulang syuting, Mohon Do’anya Semoga Beliau Diterima Disisih Allah,Amin”

PIKIRAN RAKYAT – Serangan buzzer menarget Raffi Ahmad itu dikabarkan meninggal dunia pada hari Selasa, 13 Juli 2021.

Raffi Ahmad dikabarkan meninggal itu muncul setelah adanya video dari Channel YouTube Pilar Istana mengunggah video berjudul “VIRAL TERBARU HARI INI ~ KENA AZAB AHIRNYA Raffi Ahmad BERPULANG SAAT INI?”

Video itu kemudian viral dan ditonton lebih dari 600.000 kali saat berita ini dibuat.

Advertisement

Tampak dalam thumbnail video, Raffi Ahmad terlihat tengah berbaring di ranjang rumah sakit, sementara sekelilingnya dipenuhi tokoh agama dan sejumlah ulama berpakaian serba putih.”“SELMAT JALAN UAH

KETUA PA212 IKUT BERDUKA DENGAN KEPERGIAN UAH,” tulis narasi dalam video tersebut.Penelusuran dan faktanya

Dari hasil penelusuran Turnbackhoax, video tersebut tidak berisi berita bahwa Raffi Ahmad meninggal dunia, melainkan menceritakan pengalamannya ketika terpapar Covid-19 beberapa waktu yang lalu.

Setelah video tersebut diunggah, Raffi Ahmad masih rutin mengunggah beberapa foto dan video di akun Instagram resminya, Raffi Ahmad_official.Berdasarkan pantauan Pikiran-rakyat.com, Senin, 19 Juli 2021, Raffi Ahmad masih terlihat mengunggah video dirinya sedang berbicara dan tampak sehat.

Advertisement

=====
SUMBER: Artikel
https://archive.ph/mLh9B

=====
PENJELASAN:
Beredar artikel dengan judul “Innalilahi Ya Allah…😭😭, Kabar Duka Dari Raffi Ahmad Mengalami Kecelakaan Usai Pulang syuting, Mohon Do’anya Semoga Beliau Diterima Disisih Allah,Amin”. Isi artikel tersebut sama sekali tidak memberitakan bahwa Raffi Ahmad meninggal.

Artikel yang beredar tersebut mengutip Turnbackhoax.id dengan narasi “Dari hasil penelusuran Turnbackhoax, video tersebut tidak berisi berita bahwa Raffi Ahmad meninggal dunia, melainkan menceritakan pengalamannya ketika terpapar Covid-19 beberapa waktu yang lalu.” Ketika dilakukan pencarian narasi tersebut terdapat dalam sebuah artikel bantahan dengan judul “[SALAH] Video “VIRAL TERBARU HARI INI ~ KENA AZAB AKHIRNYA UAS BERPULANG SAAT INI?””, tidak ada nama Raffi Ahmad dalam artikel bantahan tersebut.

Diketahui dari akun media sosial Instagramnya @raffinagita1717 beliau masih aktif membuat postingan baik feed dan juga story. Pada InstaStory akun tersebut Raffi terlihat berswafoto dengan temannya @rajivsingh9191.

Dilansir dari m.otosia.com, seorang pria 40 tahun asal Thailand yang juga pemilik Lambo Gallardo itu berhasil selamat dari tabrakan maut tersebut. Padahal mobil yang kendarai sempat terbelah menjadi dua bagian layaknya termutilasi. Artikel berjudul “Lamborghini Terbelah Dua, Sopirnya Selamat Tak Terluka!” tersebut dimuat pada 25 Juni 2014.

Advertisement

Berdasarkan penjelasan di atas klaim Raffi meninggal usai kecelakaan adalah keliru, dan merupakan kategori konteks yang salah.

=====
REFERENSI:
https://turnbackhoax.id/2021/07/18/salah-video-viral-terbaru-hari-ini-kena-azab-akhirnya-uas-berpulang-saat-ini/
https://www.instagram.com/stories/raffinagita1717/2792479000092302301/?hl=en
https://m.otosia.com/berita/lamborghini-terbelah-dua-sopirnya-sehat-selamat.html

Copyright ©

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer