Connect with us

Serpong, kabartangsel.com — Pengurus dan anggota Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) resmi dilantik pada Selasa, 8 November 2016 di Soll Marina Hotel, Serpong. HIPMI diminta turut membantu pembangunan dan ciptakan peluang usaha di Tangsel.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie yang hadir dalam pelantikan tersebut mengungkapkan bahwa HIPMI Tangsel perlu berkontribusi dalam pembangunan Kota Tangsel ke depan. Pasalnya peran HIPMI cukup berpengaruh.

“Dibutuhkan wirausahawan muda. Secara teori daerah akan maju jika dua persen dari jumlah penduduk menjadi wirausaha,” katanya saat Pelantikan HIPMI Tangsel.

Advertisement

Maka dari itu Pemkot menyambut baik dan turut memberikan dorongan agar HIPMI Tangsel dapat bersinergi dengan Kota Tangsel. HIPMI Tangsel sebagai tempat berkumpulnya pengusaha muda diharapkan benar-benar berjalan sesuai dengan tujuannya.

“Saya sangat menjujung apa yang dilakukan HIPMI dan menodorong wirausahawan muda dan baru untuk terus tumbuh,” papar Wakil Walikota Benyamin.

Secara pasti dengan lahirnya banyak pengusaha muda di Tangsel akan berdampak positif pada peningkatan ekonomi. Di samping itu mampu mengurangi jumlah pengangguran dan membangun kreativitas anak muda yang ada. “Banyaknya wirausahawan, maka jumlah kemiskinan dapat ditekan. Ini akan mendorong laju pertumbuhan ekonomi cepat meningkat dari 8,9 persen,” tambah ia.

Ia menargetkan di tahun 2017 pertumbuhan ekonomi naik mencapai 9 persen. Saat ini cukup positif tidak ada sentimen yang berpengaruh terhadap investor asing. “Investasi mencapai sebelas triliun, delapan puluh persennya dari swasta, sisanya dari belanja pemerintah sebanyak 15 persen  dan pelaku ekonomi kreatif,” ia menambahkan.

Advertisement

Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Tangsel Kemal Pasha mengutarakan munculnya HIPMI, satu kesempatan yang sangat bagus seperti memberikan jaminan kepada pelaku usaha muda. Sebab selama ini banyak pengusaha besar disokong oleh pengusaha kecil. “Kami mengharapkan pemerintah memberikan penjaminan karena banyak pengusaha besar dibiayai pengusaha kecil. Ini perlu ada legalitasnya,” katanya.

Ia pun menyarankan agar ke depan pengurus Kadin harus dari HIPMI. Solusi ini untuk menguji dan memperkuat bahwa pengurus Kadin harus murni dan memahami tentang usaha sehingga kebijakan yang diambil strategis.

“Kami berharap pengurus Kadin lima puluh persen dari HIPMI. Bila perlu kalau mau jadi Kadin harus jadi HIPMI terlebih dahulu,” ia menyarankan.

Menurut Sekretaris Umum HIPMI Kota Tangerang Selatan Muhammad Istijar Nusantara, ini adalah komitmen pihaknya sebagai pengurus HIPMI Kota Tangsel.

Advertisement

“Kami akan bersinergi dengan Pemkot Tangsel ke depan,” jelasnya.

Pihaknya mengakui jika anak muda fokusnya pada pengembangan usaha secara otomatis akan mempengaruhi pertumbuhan satu wilayah. Perputaran ekonomi akan cepat dan bukan tidak mungkin kawasan Tangsel menjadi pusat bisnis sebagai rujukan kalangan muda.

“Kami igin bangun satu komitmen bahwa anak muda itu memiliki visi jelas. Mampu menggerakkan ekonomi yang dapat mendorong tumbuhnya perekonomian daerah dan nasional hingga internasional,” tambah ia.

Seperti diketahui, HIPMI Kota Tangsel‎ periode 2016-2019 saat ini dinahkodai oleh Richan Mudzakar yang terpilih secara aklamasi pada Selasa (‎2/8/2016) lalu.(rls/ts)

Advertisement

Populer