Connect with us

Tangerang Selatan

Cegah DBD di Masa Pandemi, LPBI NU Tangsel Lakukan Fogging di Sejumlah Wilayah

Published

on

Dalam rangka mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Kota Tagerang Selatan (Tangsel) Relawan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI-NU) Tangsel melakukan kegiatan fogging di sejumlah wilayah titik rawan DBD.

Kegiatan fogging ini dilakukan di enam tempat yaitu Kelurahan Serua Indah Kecamatan Ciputat, Kelurahan Bambu Apus Kecamatan Pamulang, Kelurahan Bakti Jaya Kecamatan Setu, Kelurahan Babakan Kecamatan Setu, Kelurahan Pamulang Barat Kecamatan Pamulang, dan Kelurahan Pondok Cabe Udik di Kecamatan Pamulang.

Untuk kegiatan fogging di Kelurahan Serua Indah, Bambu Apus dan Kelurahan Bakti Jaya, LPBI-NU Tangsel bekerjasama dengan Oi Crisis Center UPW Tangsel, sedangkan di Kelurahan Pondok Cabe Udik bekerjasama dengan Banser Ciputat Timur.

Advertisement

Selain melakukan fogging, relawan LPBI NU Tangsel juga melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya 3M untuk mencegah DBD, yaitu Menguras/membersihkan tempat penampungaan air, Menutup rapat tempat penampungan air, dan mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk.

Kegiatan fogging ini juga diisi dengan kegiatan bagi-bagi masker dan penyemprotan disinfektan, masih dalam rangka mencegah penularan Covid-19.

“Salah satu program utama LPBI NU Tangsel adalah pencegahan, dan fogging merupakan upaya preventif kita terhadap penyakit DBD di kota Tangsel. Bagi kami, lanjutnya, pencegahan itu lebih penting daripada penanggulangan. Untuk itu LPBI NU Tangsel hadir membantu masyarakat untuk mencegah segala bentuk musibah di kota Tangsel, baik itu musibah alam atau penyakit,” kata Koordinator aksi fogging LPBI-NU Tangsel Zarkasih Tanjung, Sabtu (21/8/2021).

Sementara itu, Gus Fauzul Arif Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Ciputat Timur mengungkapkan bahwa ia senang bisa bekerjasama dengan LPBI NU Tangsel di kegiatan fogging ini. Ia berharap kerjasama ini bisa berlanjut di kegiatan lain selanjutnya.

Advertisement

Di tempat terpisah, Kiai Himam Muzzahir selaku Sekretaris PCNU Kota Tangsel memberikan motifasi kepada relawan LPBI NU Tangsel untuk terus berkhidmat, dan mendoakan semoga Allah meridhoi usaha yang dilakukan para relawan.

Sarmo salah satu ketua lingkungan di Kelurahan Bambu Apus menyatakan rasa terimaksihnya kepada LPBI-NU Tangsel yang telah melakukan kegiatan fogging di lingkungannya.

” Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami ditengah mulai banyaknya nyamuk dan kekhawatiran warga akan bahaya DBD yang sebelumnya pernah mewabah di lingkungan kami,”ujarnya.

Dia berharap dengan kegiatan fogging dan edukasi yang dilakukan LPBI NU Tangsel warganya tidak lagi terkena DBD seperti tahun-tahun sebelumnya. (red/fid)

Advertisement

Populer