Connect with us

Cek Fakta

Cek Fakta: [Berita] Nasi Bungkus Telat Dibagikan, Massa Aksi “Jokowi End Game” Pingsan Kelaparan

[SALAH] Nasi Bungkus Telat Dibagikan, Massa Aksi "Jokowi End Game" Pingsan Kelaparan

Hasil Periksa Fakta Fathia Islamiyatul Syahida (Universitas Pendidikan Indonesia)

[SALAH] Nasi Bungkus Telat Dibagikan, Massa Aksi “Jokowi End Game” Pingsan Kelaparan

Klaim tersebut salah. Faktanya, aksi “Jokowi End Game” pada 24/7/21 yang diklaim sebagai setting tempat kejadian massa aksi pingsan kelaparan karena telat mendapatkan nasi bungkus adalah hoaks. Dilansir dari CNN Indonesia, Polisi memastikan tidak ada aksi “Jokowi End Game” di wilayah Jakarta pada Sabtu (24/7/21).

Advertisement

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =
Sumber: Facebook https://bit.ly/3zyHhRd

https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/07/SALAH-Nasi-Bungkus-Telat-Dibagikan-Massa-Aksi-Jokowi-End-Game-Pingsan-Kelaparan.pdf

(Arsip Sumber)

Advertisement

Arsip Artikel (https://archive.md/ExDd7)

= = =
Narasi:
“MAU SEDIH LIATNYA TOLOL.MAU KETAWA YANG DIKETAWAIN ORANG BLOON 🤣 KENAPA GA NYARI BANSOS APA UMKM.AJA … DASAR DONGO!! 🤣🤣🤣 https://www.metronews.online/2021/07/nasi-bungkus-telat-dibagikan-massa-aksi.html?m=1”

“Nasi Bungkus Telat Dibagikan, Massa Aksi “Jokowi End Game” Pingsan Kelaparan”

= = =
Penjelasan:
Salah satu akun Facebook mengunggah sebuah narasi terkait pandangannya terhadap massa aksi Jokowi Endgame dengan menyematkan tangkapan layar, beserta link artikel dari situs Metronews.online yang berjudul “Nasi Bungkus Telat Dibagikan, Massa Aksi “Jokowi End Game” Pingsan Kelaparan”.

Advertisement

Setelah ditelusuri, informasi tersebut salah. Faktanya, aksi “Jokowi End Game” pada 24/7/21 yang diklaim sebagai setting tempat kejadian massa aksi pingsan kelaparan karena telat mendapatkan nasi bungkus adalah hoaks. Dilansir dari CNN Indonesia, Polisi memastikan tidak ada aksi “Jokowi End Game” di wilayah Jakarta pada Sabtu (24/7).

“Jakarta kondusif, aman, tidak ada (demo), kita lihat sendiri Jakarta kondusif hari ini,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.

Selain itu, setelah link artikel ditelusuri terdapat kejanggalan terkait waktu pengunggahan artikel. Tanggal unggah artikel tersebut tertera 23 Juli 2021. Namun dalam paragraf awal artikel tersebut menyebutkan “Seorang pria ditemukan pingsan jelang demonstrasi bertajuk Jokowi End Game yang rencananya digelar hari ini, Sabtu (24/7)”. Dengan demikian, artikel tersebut tidak berdasar pada kejadian faktual.

Kemudian, berdasarkan penelusuran melalui yandex, foto yang disematkan dalam artikel tersebut diambil dari artikel berita FajarNews yang berjudul “Tukang Parkir Nyaris Pingsan Kelaparan, Warga Kira Terjangkit Covid-19”, artikel berita tersebut diunggah pada 3/6/21 dan tidak ada sangkut pautnya dengan aksi Jokowi Endgame.

Advertisement

Mengacu kepada seluruh referensi, klaim “Nasi Bungkus Telat Dibagikan, Massa Aksi “Jokowi End Game” Pingsan Kelaparan” adalah hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan.

= = =
Referensi:

  1. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210724190014-12-671797/jokowi-end-game-tak-ada-6-pengangguran-ditangkap-dipulangkan
  2. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210724174109-20-671780/tak-ada-massa-datang-demo-jokowi-end-game-isapan-jempol
  3. https://fajar.co.id/2020/06/03/tukang-parkir-nyaris-pingsan-kelaparan-warga-kira-terjangkit-covid-19/

Copyright ©

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer