Connect with us

Cek Fakta

Cek Fakta: Presiden AS Menjemput PM Singapura, Sementara Jokowi Hanya Dijemput Dubes Indonesia untuk AS. Ada Apa?”

[SALAH] “Presiden AS Menjemput PM Singapura, sementara Jokowi hanya Dijemput Dubes Indonesia untuk AS.”

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Tidak ada pernyataan resmi dari situs resmi Gedung Putih Amerika Serikat maupun Kantor Perdana Menteri Singapura bahwa Presiden Joe Biden menjemput Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

Advertisement

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER:

Twitter:
https://archive.ph/xQzND

Advertisement

Media:
https://archive.ph/Q3GR6

= = = = =

NARASI:

“Presiden AS Menjemput PM Singapura, sementara Jokowi hanya Dijemput Dubes Indonesia untuk AS. Ada Apa?”

= = = = =

PENJELASAN:

Advertisement

Akun Twitter dengan nama pengguna “keuangannews_id” mengunggah sebuah tautan artikel dalam situs keuangannews[dot]id yang menyatakan bahwa Presiden Amerika Serikat Joe Biden bersedia menjemput Perdana Menteri Singapura ketika mendarat di bandara, sedangkan Presiden Joko Widodo hanya dijemput oleh Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat. Unggahan tersebut juga menyertakan foto Biden dengan Lee.

Berdasarkan hasil penelusuran, tidak ada pernyataan resmi dari situs resmi Gedung Putih Amerika Serikat maupun Kantor Perdana Menteri Singapura bahwa Biden menjemput Lee di bandara. Situs resmi Gedung Putih hanya menyatakan bahwa Biden akan menyambut seluruh kepala negara ASEAN di Gedung Putih, sedangkan situs resmi Kantor Perdana Menteri Singapura hanya memberitakan rencana keberangkatan Lee ke Amerika Serikat.

Lebih lanjut, foto yang terdapat dalam unggahan tersebut merupakan foto Biden dan Lee yang diambil di Gedung Putih, di mana Biden menyambut kepala negara ASEAN yang lain, termasuk Jokowi. Lee dan Jokowi juga mengunggah foto mereka bersama Biden dengan latar belakang yang sama di akun Twitter mereka masing-masing.

Dengan demikian, Twitter dengan nama pengguna “keuangannews_id” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

Advertisement

= = = = =

REFERENSI:

https://www.pmo.gov.sg/Newsroom/PM-Lee-Hsien-Loong-to-visit-the-United-States-of-America-for-the-ASEAN-US-Special-Summit-May-2022

https://www.whitehouse.gov/briefing-room/statements-releases/2022/05/12/fact-sheet-u-s-asean-special-summit-in-washington-dc/

https://twitter.com/leehsienloong/status/1524937457279545344 (https://archive.ph/P4V5h)

https://twitter.com/jokowi/status/1524952807035371520 (https://archive.ph/btIdZ)

Turnbackhoaks

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer