Cek Fakta: [SALAH] “3 Juta Orang Inggris Masuk Islam Secara Serentak”

By: Sabtu, 13 Maret 2021
[SALAH] “3 Juta Orang Inggris Masuk Islam Secara Serentak”

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Informasi palsu. 3 juta orang Islam di Inggris yang didata oleh badan kependudukan setempat adalah hasil kalkulasi dari beberapa tahun sebelumnya, bukan serentak. Adanya jumlah orang Islam tersebut dikarenakan tingkat kelahiran penduduk dan imigrasi orang Islam pencari suaka dari Suriah dan Irak.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

====

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/bDHxc

====

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

====

NARASI:

Yang beginian bikin cebong naik darah 😂

😂
Innaddina indallahil Islam😍😍

“3 Juta Orang Inggris Masuk Islam Secara Serentak”BUKUNEWSCHECK.ONLINE

====

PENJELASAN:

Beredar postingan hasil screenshot sebuah link menuju website berita dengan alamat BUKUNEWSCHECK.ONLINE. Judul pada tautan tersebut adalah “3 Juta Orang Inggris Masuk Islam Secara Serentak Subhanallah”. Arief Delta yang membagikan postingan tersebut mengklaim judul berita beserta narasinya adalah benar, yang kemudian ia sebarkan di grup “Jokowi 3 Periode”.

Setelah dilakukan pencarian fakta terkait, alamat website BUKUNEWSCHECK.ONLINE pada postingan tersebut adalah rekayasa/palsu.

Informasi bahwa ada 3 juta orang Inggris masuk Islam juga tidak benar. Dilansir dari kompas.com, 3 juta orang Islam di Inggris merupakan hasil kalkulasi penduduk menurut agama dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga bukan serentak.

OSN atau Badan Statistik Nasional setempat, mencatat pada tahun 2016 jumlah penduduk Islam di Inggris mencapai 3 juta orang atau setara dengan 5,4 persen dari total populasi. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibanding tahun 1991, yang mana jumlah orang Islam hanya 950.000 atau 1,9 persen dari total penduduk.

Menurut Pew Research Centre, peningkatan penduduk Muslim dari tahun ke tahun dikarenakan faktor tingkat kelahiran penduduk dan juga imigrasi orang Islam dari negara konflik seperti Suriah dan Irak. Inggris dipilih oleh para pencari suaka tersebut karena dinilai memiliki tingkat toleransi yang baik, dibanding negara-negara Eropa lainnya seperti Perancis, Spanyol, dan Polandia.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa postingan Arief Delta adalah HOAX dan termasuk kategori Konten yang Salah.

====

REFERENSI:
https://internasional.kompas.com/…/Jumlah.Umat.Islam.di…

https://news.detik.com/…/terbanyak-dalam-sejarah-jumlah…

 

Copyright ©


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *