Connect with us

Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Air Rebusan Pare Dapat Membersihkan Kolesterol dan Semua Penyakit

[SALAH] Air Rebusan Pare Dapat Membersihkan Kolesterol dan Semua Penyakit – TurnBackHoax.ID

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo.
Klaim air rebusan buah pare dapat membersihkan kolesterol dan mengobati segala penyakit dengan bukti menjernihkan air campuran Betadine merupakan informasi yang salah. Campuran air rebusan buah pare dengan Betadine dapat menjadi jernih dikarenakan dalam 100 gram buah pare itu mengandung 33 mg vitamin C, yang mana bisa mengikat iodine dari Betadine sehingga airnya menjadi jernih kembali. Namun tidak dipungkiri buah pare memang memiliki banyak manfaat meskipun tidak dianjurkan dikonsumsi untuk sebagian orang.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

Advertisement

KATEGORI: Konten Yang Menyesatkan
= = = = =

SUMBER: Facebook
https://perma.cc/XV2P-XEKY

= = = = =

NARASI:
“…. Jadi ini untuk menghilangkan kolesterol, semua penyakit yang ada dalam tubuh dia membersihkan jaringan yang ada dalam perut…… betadine yang hitam pun bisa bersih lagi…”

= = = = =

Advertisement

PENJELASAN:
Akun Facebook Lionel Atup pada tanggal 1 Juli 2020 mengunggah sebuah video yang sudah dibagikan sebanyak 9,6 ribu kali. Dalam video tersebut memperlihatkan sebuah pembuktian bahwa air rebusan buah pare dapat menghilangkan kolesterol dan menghilangkan penyakit dalam tubuh dengan cara menjernihkan air Betadine yang hitam pekat.

Melansir Uwaterloo.ca, dalam 100 gram buah pare itu mengandung 33 mg vitamin C. kandungan vitamin C yang mana ini dapat mengikat iodine dalam Betadine sehingga apabila dicampurkan dapat menjadi jernih.

Meskipun begitu buah pare tetap memiliki berbagai macam manfaat. Melansir alodokter.com, buah pare memiliki manfaat di antara lain mengendalikan kadar gula darah, menghambat pertumbuhan sel kanker, menghambat penyebaran infeksi virus, menjaga berat badan tetap ideal.

Selain itu melansir Hindawi.com, ekstrak buah pare berdasarkan riset memang dapat menurunkan LDL-C atau kolesterol jahat yang cenderung membawa banyak lemak ke dalam tubuh.

Advertisement

Namun meminum air rebusan buah Pare dilarang untuk ibu hamil. Hal ini melansir Wikipedia.org, yang menyebutkan buah pare dapat menyebabkan beberapa efek bagi ibu hamil seperti perdarahan, kontraksi, dan keguguran.

Dengan demikian jika mengacu kepada seluruh referensi, maka klaim jernihnya air campuran Betadine dengan air rebusan buah pare yang diklaim sebagai bukti air rebusan pare dapat membersihkan kolesterol dan mengobati segala penyakit merupakan informasi yang salah tidak benar dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.hindawi.com/journals/ecam/2018/4915784/
https://en.wikipedia.org/wiki/Momordica_charantia#Pregnancy
https://uwaterloo.ca/chem13-news-magazine/september-2015/activities/sharing-chemistry-community-c-difference
https://www.alodokter.com/kontras-dengan-rasa-pahitnya-manfaat-pare-ternyata-sangat-manis

Copyright ©

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer