Connect with us

Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] AKHIRNYA SBY AKUI KORUPSINYA, KPK DI MINTA JANGAN SERET IBAS ATAS DOSA-DOSANYA

[SALAH] AKHIRNYA SBY AKUI KORUPSINYA, KPK DI MINTA JANGAN SERET IBAS ATAS DOSA-DOSANYA

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Narasi bahwa SBY mengakui kasus korupsi proyek Hambalang merupakan narasi yang menyesatkan. Faktanya, SBY minta agar proyek Hambalang tidak dikaitkan dengan dirinya dan Demokrat.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

Advertisement

= = = = =

Sumber : Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1677127815.443697/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
AKH1RNYA SBY AKUI K0RUPS1NYA, KPK DI MINTA J4NGAN S3RET IB4S ATAS D0SA-D0S4NYA

= = = = =

Advertisement

Penjelasan :

Akun Facebook Lavolda mengunggah video dengan judul: “AKH1RNYA SBY AKUI K0RUPS1NYA, KPK DI MINTA J4NGAN S3RET IB4S ATAS D0SA-D0S4NYA” pada tanggal 14 Februari 2023 pukul 20:33. Tumbnail video menampilkan Ibas yang mengenakan jaket kuning KPK, SBY yang sedang menangis dikelilingi sekelompok polisi.

Penelusuran menunjukkan bahwa tumbnail video merupakan hasil rekayasa. Tidak ada pernyataan SBY mengenai pengakuannya terhadap kasus korupsi ataupun permintaan agar KPK tidak menyeret Ibas dalam kasus korupsi proyek Hambalang. Video yang diunggah berisi cuplikan liputan mengenai kasus korupsi Century dan proyek Hambalang yang dikumpulkan menjadi satu dengan narasi yang menyesatkan.

Dilansir dari Kompas.com, SBY menyatakaan permintaannya agar proyek Hambalang tidak dikaitkan dengan dirinya dan Demokrat pada sambutan saat acara Pembekalan Caleg DPR RI Partai Demokrat, di Hotel Sultan, Jakarta pada tanggal 11 November 2018.

Advertisement

Artikel lain dari Kompas.com yang berjudul “Kasus Hambalang: Dari Nazaruddin, Anas, hingga Dugaan Keterlibatan Ibas” yang diunggah pada tanggal 26 Maret 2021, Ibas menyatakan bahwa tuduhan-tuduhan yang selama ini dilemparkan padanya sebenarnya adalah tuduhan lama yang tidak valid.

= = = = =

Referensi :

https://nasional.kompas.com/read/2018/11/11/21340781/sby-minta-agar-proyek-hambalang-tak-dikaitkan-dengan-dirinya-dan-demokrat
https://nasional.kompas.com/read/2021/03/26/06000091/kasus-hambalang-dari-nazaruddin-anas-hingga-dugaan-keterlibatan-ibas

Advertisement

Source:Turnbackhoaks

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer