Connect with us

Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Antibodi Covid-19 Membuat ASI Berubah Warna

[SALAH] Antibodi Covid-19 Membuat ASI Berubah Warna – TurnBackHoax.ID

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini.

Faktanya, perubahan warna pada ASI disebabkan oleh makanan serta obat-obatan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui, bukan karena antibodi Covid-19.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

Advertisement

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/A1633

Advertisement

= = = = =

NARASI:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Untuk sesama ibu menyusui… keluarga kami terpapar covid sekarang. Kantung di sebelah kiri berisi ASI yang dipompa minggu lalu ketika kami masih sehat, dan kantung di sebelah kanan berisi ASI yang dipompa hari ini (saat sedang sangat sakit lol). Penelitian menunjukkan bahwa antibodi covid disalurkan kepada bayi melalui ASI dan aku yakin itulah yang menyebabkan perbedaan warna pada dua kantung ini (tidak ada perubahan konsumsi makanan dan obat, dll.) Aku tidak pernah melihat ASI berwarna hijau selama 10,5 bulan memompa ASI

Hanya pengingat rutin bahwa tubuh kita menakjubkan”

Advertisement

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook dengan nama pengguna “Alannah LeFebvre” (https://www.facebook.com/alannah.mccormick) mengunggah sebuah foto yang menunjukkan dua kantung ASI dengan warna ASI yang berbeda. Unggahan tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa perubahan warna tersebut disebabkan oleh antibodi yang diproduksi tubuh ibu menyusui saat terpapar Covid-19.

Berdasarkan hasil penelusuran, perubahan warna pada ASI disebabkan oleh makanan serta obat-obatan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui, bukan karena antibodi Covid-19. Melansir dari USA Today, ahli medis dari Pusat Kesehatan Universitas Cooper, Dr. Lori Feldman-Winter menjelaskan bahwa kandungan dari makanan seperti bayam, Gatorade, dan vitamin yang menumpuk dapat menyebabkan warna ASI berubah menjadi hijau. Selain itu, penumpukan kandungan zat besi dalam suplemen kesehatan juga bisa mengubah warna ASI menjadi hijau.

Advertisement

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Alannah LeFebvre” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2022/02/16/fact-check-covid-19-antibodies-dont-turn-breast-milk-green/6794429001/

Advertisement

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.9Z62KQ

Copyright ©

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer