Cek Fakta: [SALAH] Dunkin’ Donuts Bagikan Satu Lusin Donat per Keluarga

By: Sabtu, 19 September 2020
[SALAH] Dunkin’ Donuts Bagikan Satu Lusin Donat per Keluarga

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Informasi yang salah. Faktanya, Dunkin’ Donuts Indonesia melalui akun resmi Instagramnya, mengklarifikasi pihaknya sedang tidak menjalankan promo membagikan donut secara gratis.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten Palsu

====

Sumber: Pesan berantai

====

Narasi:

“Dunkin Donuts is giving away free box of 12 Donuts per family to everyone this week to support the nation. Click here to get: http://www.dunkindonuts.co.id-12box.club
bisa dicoba ya…”

====

Penjelasan:

Telah beredar pesan berantai yang berisi informasi Dunkin’ Donuts sedang mengadakan promo membagikan selusin donat untuk satu keluarga. Untuk mendapatkannya, diharuskan mengklik tautan yang sudah disediakan.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi yang beredar itu tidak benar. Melalui akun resmi Instagramnya, Dunkin’ Donuts mengklarifikasi bahwa saat ini pihaknya tidak menjalankan promo memberikan selusin donat. Diakui juga Dunkin’ Donuts selalu memberikan berbagai penawaran yang menarik, namun hal tersebut selalu diinformasikan melalui konter dan media sosial Dunkin’ Donuts yang bercentang biru.

Dunkin’ Donuts juga menyarakan kepada masyarakat untuk tidak mengklik pada tautan dari sumber yang tidak dipercaya dan jangan pernah memberikan informasi pribadi melalui link tersebut.

Informasi dengan topik yang sama sebelumnya pernah dibahas oleh Snopes pada tahun 2017 dengan judul “Free Dunkin’ Donuts” dan mengkategorikannya sebagai scam.

Dengan demikian, informasi yang beredar melalui pesan berantai itu dapat dikategorikan sebagai Konten Palsu karena Dunkin’ Donuts Indonesia melalui akun resmi Instagramnya, mengklarifikasi pihaknya sedang tidak menjalankan promo membagikan donut secara gratis.

====

Referensi:

https://www.instagram.com/p/CFKKtCODw70/

https://www.snopes.com/fact-check/dunkin-donuts-coupon-hoax/

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4358987/cek-fakta-hoaks-dunkin-donuts-mengadakan-program-bagi-donat-gratis

Copyright ©


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *