Connect with us

Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Foto Jokowi saat Kelulusan

[SALAH] Foto Jokowi saat Kelulusan

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Foto tersebut telah disunting pada bagian wajah. Faktanya, foto yang asli merupakan foto saat acara Wisuda Pascasarjana IV Universitas Andalas pada 23 November 2018.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Parodi

Advertisement

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/rCT0S

= = = = =

NARASI:
“Selama ini saya cuma pernah lihat foto wisuda pak Anies Baswedan sebagai bukti kelulusannya di Universitas UGM sungguh gagah dan sangat meyakinkan.

Alhamdulillah sekian lama saya menanti akhirnya saya menemukan foto kelulusan Jokowi sebagai bukti kelulusannya diuniversitas SGM, meski sangat membagongkan saya tetap senang 🥳🥳🥳🥳🎉🎊🎊🎊🌠
= = = = =

Advertisement

PENJELASAN:
Akun Facebook Andi Amalia Nefyanti memposting sebuah foto yang diklaim merupakan foto kelulusan Jokowi. Postingan tersebut diunggah pada grup Jokowi 3 Periode.

Setelah ditelusuri menggunakan google image ditemukan foto asli pada web resmi Universitas Andalas yang diunggah pada 23 November 2018. Foto tersebut merupakan foto Wisudawan Pascasarjana IV Universitas Andalas. Jika dilihat foto di web Universitas Andalas memiliki kemiripan dengan foto postingan Facebook yang mana terdapat wisudawati berjilbab biru dan bentuk bangunan, namun pada foto Facebook telah dilakukan penyuntingan terhadap wisudawan yang tengah berjabat tangan.

Dengan demikian foto yang diklaim kelulusan Jokowi telah suntingan pada bagian wajah. Foto yang asli merupakan gambar saat acara Wisuda Pascasarjana IV Universitas Andalas pada 23 November 2018, sehingga masuk dalam kategori konten parodi.

REFERENSI:
https://www.unand.ac.id/id/berita-peristiwa/berita/item/3029-unand-wisuda-pascasarjana.html

Advertisement

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian

Copyright ©

Populer