Cek Fakta: [SALAH] Foto Seorang Wanita Menggunakan Kaus Bertuliskan “Fuck Anies, If You Like Anies Fuck You Too!”

By: Senin, 11 Januari 2021
[SALAH] Foto Seorang Wanita Menggunakan Kaus Bertuliskan Umpatan Kepada Anies Baswedan

Foto tersebut hasil suntingan, banyak ditemukan foto identik namun kaus yang ditemukan bertuliskan umpatan kepada Presiden Amerika Donald Trump bukan kepada Anies Baswedan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

= = = = =

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

= = = = =

SUMBER: FACEBOOK

https://archive.fo/L1gjx

= = = = =

NARASI:

“F*CK ANIES IF YOU LIKE ANIES F*CK YOU TOO!”

“Nemu dr grup sebelah ” unggah akun Facebook Jonathan Nadyto, Kamis (07/01/2021).

=====

PENJELASAN:

Akun Facebook Jonathan Nadyto memposting sebuah foto seorang wanita yang menggunakan kaus umpatan kepada Anies Baswedan, postingan tersebut diunggah pada Kamis (07/01/2020).

Dari hasil penelusuran menggunakan mesin pencarian Google Image dan Yandex banyak ditemukan unggahan foto identik seperti yang diunggah akun Facebook Jonathan Nadyato, namun kaus yang ditemukan bertuliskan umpatan kepada Presiden Amerika Donald Trump bukan kepada Anies Baswedan, salah satu postingan terlama diunggah oleh joanjames3311 di blog pribadinya pada tahun 2019.

Unggahan foto wanita dengan kaus tersebut juga ditemukan dalam unggahan koresponden CNN di Gedung Putih Kaitlan Collins. Lewat akun twitter pribadinya @kaitlancollins, ia mengunggah cuitan pada 20 Juli 2020 yang berisi pernyataan dari Biro Pers Gedung Putih Kayleigh McEnany. Berikut cuitannya yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

“Meskipun beberapa jajak pendapat menunjukkan sebaliknya, Kayleigh McEnany mengatakan, Kami yakin presiden mendapat pengakuan besar di negara ini. Tanggapan Covid yang bersejarah membuktikan dirinya”

Unggahan ini mendapatkan respon negatif dari sejumlah warganet di sana. Salah satunya dari akun twitter @58bugeye yang mengunggah foto dengan kaus umpatan tersebut.

Atas penjelesan tersebut foto seorang wanita dengan menggunakan kaus bertuliskan umpatan untuk Anies Baswedan adalah tidak benar dan masuk ke dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Hasil Periksa Fakta Rizky Maulana (Universitas Bina Sarana Informatika).

===

REFERENSI:

https://sircolar.wordpress.com/…/picture-of-the-day/amp/

https://twitter.com/…/status/1283835244613824512/photo/1

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/yKXDEp9K-cek-foto-foto-bule-pakai-kaos-umpatan-ke-anies-baswedan-ini-faktanya

Copyright ©


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *