Connect with us

Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Jokowi Kenakan Kemeja Merah Dengan Lambang Palu Arit

Published

on

[SALAH] Jokowi Kenakan Kemeja Merah Dengan Lambang Palu Arit

Foto editan. Faktanya, pada foto asli diambil saat Jokowi kampanye sebagai Calon Presiden 2014 di Malang, Jawa Timur. Pada bagian kanan kemeja bukan logo palu arit, melainkan badge merah putih.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

Advertisement

======

[SUMBER]: https://archive.md/hQupr

======

[NARASI]:

“ASLI ANAK PKI FAKTA

Advertisement

TES DNA JOKOWI”

======

[PENJELASAN]:

Akun facebook bernama Pendi Pen mengunggah foto Presiden Jokowi yang sedang memegang mikrofon dan mengenakan kemeja berwarna merah dengan lambang palu arit di bagian dada sebelah kanan. Dalam postingannya, akun tersebut juga menambahkan narasi “ASLI ANAK PKI FAKTA TES DNA JOKOWI”.

Advertisement

Berdasarkan penelusuran menggunakan situs pencari gambar yandex, ditemukan gambar asli yang mengarah pada artikel kumparan.com berjudul “Siasat Jokowi Bentengi Jawa Tengah” yang dimuat pada desember 2018.

Foto pada sampul artikel kumparan.com memperlihatkan komposisi yang identik dengan foto klaim. Penelusuran lainnya juga mengarah pada akun youtube WISATA YOGYA yang memuat video Jokowi sedang berpidato dalam acara kampanye yang berlangsung di Malang, Jawa Timur untuk pemilihan Presiden 2014.

Pada video tersebut memperlihatkan Jokowi sedang berpidato. Terdapat cuplikan yang identik dengan foto klaim. Dalam video tersebut, terlihat pada bagian dada sebelah kanan Jokowi bukanlah lambang palu arit, melainkan badge Bendera Merah Putih.

Hoaks serupa juga sudah pernah beredar pada 2020 lalu dan sudah pernah diverifikasi oleh situs turnbackhoax.id berjudul “[SALAH] Foto Jokowi Mengenakan Kemeja Merah Berlogo Palu Arit”, (4/5/20).

Advertisement

======

REFERENSI:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4315737/cek-fakta-tidak-benar-presiden-jokowi-kenakan-baju-berlogo-pki

https://kumparan.com/kumparannews/siasat-jokowi-bentengi-jawa-tengah-1545099164043224597

Copyright ©

Advertisement

Populer