Connect with us

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).
Judul Palsu. Akun Instagram resmi Polres Tarakan, Kalimantan Utara, mengonfirmasi bahwa headline berita tersebut adalah HOAX.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.
====

KATEGORI: Konten Palsu
====

Advertisement

SUMBER: Media Online
https://archive.vn/WkKeV
====

NARASI:

Headline berita berjudul”Kapolri Mutasi Sejumlah Jendral dan Irjen Argo Didapuk sebagai Kapolda Kaltim”.
====

PENJELASAN:

Advertisement

Telah beredar klaim postingan di internet yang berasal dari laman berita Okezone dengan headline beritanya yakni “Kapolri Mutasi Sejumlah Jendral dan Irjen Argo Didapuk sebagai Kapolda Kaltim”.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, headline berita sebagaimana yang terpampang dalam laman berita Okezone adalah tidak sesuai fakta.

Melalui akun Instagram resmi Polres Tarakan Polda jKalimantan Utara, @polrestarakan, mengonfirmasi, judul berita yang mengklaim bahwa Kapolri mutasi sejumlah Jendral dan Irjen Argo didapuk sebagai Kapolda Kaltim adalah HOAX. Dilansir dari akun Facebook resmi Polda Bengkulu, Irjen Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono (Irjen Argo), dapat dipastikan saat ini masih menjabat sebagai Kepala Divisi Humas Polri.

Penelusuran untuk mencari narasi lengkap dari judul berita “Kapolri Mutasi Sejumlah Jendral dan Irjen Argo Didapuk sebagai Kapolda Kaltim”, tidak ditemukan di laman berita dan nampaknya telah dihapus. Namun telah ditemukan judul berita yang sama persis dan bersumber dari Okezone, di laman jurnalpatrolinews.co.id. Artikel dalam laman tersebut menginformasikan bahwa Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo kembali melakukan mutasi di tingkat pejabat tinggi dan pejabat menengah di Polri.

Advertisement

Adapun sejumlah nama yang mendapat promosi yakni Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono yang akan menduduki Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Irjen Pol M Iqbal yang akan dimutasi sebagai Kapolda Jawa Timur.

Meski begitu, dikatakan dalam artikel tersebut bahwa Kadiv Humas Polri Irjen Argo belum mengonfirmasi kebenarannya, selain itu klaim bahwa Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo akan melakukan mutasi di tingkat pejabat tinggi di tubuh Polri dalam waktu dekat, juga tidak terbukti kebenarannya.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa headline berita “Kapolri Mutasi Sejumlah Jendral dan Irjen Argo Didapuk sebagai Kapolda Kaltim” adalah Hoax dan termasuk kategori Konten Palsu.

====

Advertisement

REFERENSI:

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2887577718158978&id=1694153550834740&_rdr

Advertisement

https://mobile.twitter.com/poldakeprihumas/status/1404987309661908992

Copyright ©

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer