Connect with us

Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Kopi Lemon Bermanfaat untuk Diet

Published

on

[SALAH] Kopi Lemon Bermanfaat untuk Diet

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta). Informasi tersebut salah. Faktanya, ahli nutrisi dan fisiologi Mayur Ranchordas dari Sheffield Hallam University mengatakan kopi dan lemon tidak berhubungan dengan penurunan berat badan.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Advertisement

Kategori: Konten yang Menyesatkan

===

Sumber: Facebook
https://archive.ph/PNpS0

===

Narasi:
“KOPI LEMON UNTUK DIET

Advertisement

Efek lihat di tiktok kopi lemon jadi aku coba dalam 3 hari ini.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

1/2 sendok teh kopi Nescafe orginal, lalu diseduh dengan air panas 1/2 gelas. Setelah diaduk dan larut, baru ditambahkan air dingin. Baru deh dicampur air perasan dari 1/2 jeruk lemon atau jeruk nipis yang kecil. Tanpa gula.

Kalau saya masih pakai pakem, lemon atau jeruk nipis TIDAK dicampur air panas, tapi air hangat, agar kandungan vitamin C tidak rusak. Kan kita juga gak minum air panas, tapi air hangat tho. Kalau air panas diminum yang ada bibir bisa jontor atau nyonyoren, macam bibir orang yang suka nyindir. Hehehehe

Advertisement

Efeknya setelah minum kopi lemon 2 hari adalah….

Sakit perut, sakit maag atau gemetar efek minum kopi kok tidak terasa ya. Saya agak kaget juga sih, juga heran. Walau belum tahu apa sebabnya.
Tapi yang terasa justru perut kenyang, tidak mudah lapar. Jadi nafsu untuk ngemil dan liar mencari makan bisa ditekan.

[Narasi dilanjutkan setelah referensi]

Penjelasan:
Beberapa waktu lalu sempat beredar informasi diberbagai media sosial tentang minuman kopi yang dicampur dengan lemon bermanfaat untuk menurunkan berat badan apabila diminum secara rutin. Seperti salah satu unggahan akun Facebook bernama Peni Adawiyah yang menerangkan pengalamannya setelah mengonsumsi kopi lemon. Ia pun menjelaskan tentang tata cara membuat kopi lemon serta efek yang ia dapatkan setelah mengonsumsi kopi lemon tersebut.

Advertisement

Namun melansir dari health.detik.com, ahli nutrisi dan fisiologi dari Sheffield Hallam University, Mayur Ranchordas mengatakan bahwa kopi dan lemon tidak berhubungan dengan penurunan berat badan. Kafein yang terdapat pada kopi memang mampu untuk meningkatkan metabolisme, namun dampak yang dimunculkan tidak akan terlalu signifikan. Karena dari sisi keilmuwan, ia menjelaskan bahwa tidak ada makanan yang bisa berdampak langsung untuk dapat membakar lemak.

Melansir dari factcheck.afp.com, president of the French-speaking Society for Clinical and Metabolic Nutrition (SFNCM), Pierre Dechelotte juga menjelaskan bahwa kopi, baik panas atau dingin tidak dapat memicu terjadinya penurunan berat badan, serta lemon yang mengandung banyak vitamin C dan merupakan antioksidan juga tidak pernah menyebabkan penurunan berat badan. Sementara, mengonsumsi kopi yang berlebihan dapat menyebabkan insomnia dan masalah jantung. Dan apabila kedua bahan tersebut dicampur dan dikonsumsi secara berlebihan pula, maka akan menyebabkan gangguan pencernaan, sehingga secara signifikan akan mencegah rasa lapar.

Selain itu, terkait dengan efek mencegah rasa lapar, Béatrice Dubern, ahli gizi anak dari rumah sakit Armand-Trousseau, Paris, mengaitkan penurunan berat badan yang ditimbulkan dari konsumsi kopi lemon dengan pembatasan kalori, sehingga hal tersebut bisa memungkinkan hilangnya massa tanpa lemak dengan cepat, dan hal itu dianggap berbahaya karena mengarah pada risiko kekurangan gizi.

Selain itu, melansir dari hellosehat.com, kopi dan lemon juga mengandung pH asam, bahkan ketika kedua bahan tersebut dicampur, maka pH yang dihasilkan akan tetap asam, sehingga campuran kedua bahan tersebut dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung, karena kopi yang dicampur dengan lemon bisa menyebabkan penyakit asam lambung semakin parah. Maka dari itu, melansir dari health.detik.com, Mayur menyatakan bahwa cara yang paling disarankan untuk melakukan penurunan berat badan adalah dengan mengendalikan kalori dari diet dan rutin berolahraga.

Advertisement

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait kopi lemon bermanfaat untuk diet ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Referensi:

https://health.detik.com/diet/d-5706909/viral-minum-kopi-campur-lemon-bisa-bakar-lemak-benarkah-ini-faktanya

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/kopi-campur-lemon/

Advertisement

https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9PC8BV-1

[lanjutan narasi]

Tapi saya tetap makan karbohidrat, protein, sayur dan tentunya cukupi air putih. Kalau buah tergantung ada stok tidak di rumah. Agar badan tetap bugar segar, juga usahakan olahraga selang sehari, atau setiap hari 30 menit.

Dari efek yang didapatkan, maka wajar juga ada yang jadikan minum kopi lemon setiap pagi saat habis sarapan atau saat perut kosong bagi yang berani atau yang tidak ada keluhan dengan lambung, sebagai cara diet instan.

Advertisement

Kamu mau coba?

Jika sudah coba, bisa cerita atau komentar disini atau tag saya dari pengalaman setelah coba kopi lemon hangat ya.

Kopi lemonnya hitam banget ya, sehitam rambut yang pakai minyak Keke. Asyiiik.

Asal jangan ketiak yang hitam dan asam ya, padahal bisa diatasi dengan memakai deodorant mahkota. Serius.

Advertisement

Wa.me/6282226879993

TeamMarketerProdukInovasiDokter.”

Copyright ©

Advertisement

Populer