Cek Fakta: [SALAH] Minyak Kayu Putih Dapat Memutihkan ketiak

By: Senin, 21 September 2020
[SALAH] Minyak Kayu Putih Dapat Memutihkan ketiak

Hasil periksa fakta Aisyah Adilah (Anggota Komisariat Mafindo Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik Jakarta)

dr. Arina Heidyana dari Klinik Dokter menjelaskan bahwa sampai saat ini tidak ada bukti secara pasti yang mengatakan minyak kayu putih bisa mencerahkan kulit ketiak. Bahkan, jika salah memakainya, minyak kayu putih bisa memberikan sensasi panas dan terbakar pada kulit.

= = = = =

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

= = = = =

[SUMBER]: INSTAGRAM
https://archive.vn/Wanfb

= = = = =

[NARASI]:
Caranya mengaplikasikan nya cukup mudah :

1. Bersihkan ketiak dan keringkan dengan handuk.

2.Oleskan minyak kayu putih secukupnya di kulit ketiak yang hitam.

3. Biarkan selama 15 menit, kemudian ambil kain atau handuk dengan permukaan halus, basahi dengan air hangat dan gosok perlahan pada ketika untuk membersihkan ketiak dan mengangkat sel-sel kulit mati yang hitam.

4. Bilas bersih dan keringkan ketiak.
Lakukan setiap hari untuk hasil yang lebih baik.

Selamat mencoba 🤗

= = = = =

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Instagram mengklaim bahwa minyak kayu putih dapat digunakan untuk memutihkan ketiak. Dalam unggahannya, akun Instagram Sehatwak menuliskan tips yang dapat dipraktikkan untuk memutihkan ketiak dengan minyak kayu putih.

Melansir dari Female Daily, dr. Arini Astasari Widodo Sp.KK menjelaskan hingga saat ini tidak ada bukti secara medis bahwa minyak kayu putih dapat memutihkan ketiak.

“Minyak kayu putih sendiri ini merupakan minyak yang mudah menguap dan umumnya digunakan pada kulit untuk mendapatkan efek vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah) lokal, sehingga ada rasa hangat dan nyaman karena timbulnya sedikit efek anestesi, akan tetapi pemakaiaan yang berlebihan, khususnya kulit yang peka, dapat menimbulkan reaksi iritasi,” ujar dr. Arini.

Kemungkinan yang paling sering terjadi ketika kita coba mengoleskan minyak kayu putih di ketiak adalah dermatitis kontak iritan, yaitu peradangan kulit akibat iritasi minyak kayu putih tersebut. Tanda-tanda dermatitis kontak iritan berbeda-beda bergantung keparahannya, mulai dari rasa panas saja, merah, bersisik, sampai timbulnya bintil dan lenting.

Sebagian orang juga kemungkinan dapat mengalami alergi ketika menggunakan minyak kayu putih. Reaksi alergi yang terjadi dapat menyebabkan gatal-gatal, ruam, batuk, pusing, mual, muntah, atau bahkan pingsan.

Meski begitu, hingga saat ini belum terdapat bukti ilmiah yang cukup untuk menjelaskan fungsi minyak kayu putih dan dosis penggunaan yang tepat. Namun, Anda bisa melakukan konsultasi ke dokter untuk menanyakan lebih jelas penggunaan minyak kayu putih yang aman.

Sehingga, klaim mengenai minyak kayu putih dapat memutihkan ketiak adalah hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan karena belum ada bukti secara medis bahwa minyak kayu putih dapat memutihkan ketiak.

= = = = =

[REFERENSI]:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3643276/putihkan-ketiak-pakai-minyak-kayu-putih-ampuhkah

https://editorial.femaledaily.com/blog/2020/08/23/bahaya-memutihkan-ketiak-pakai-minyak-kayu-putih-menurut-dokter-kulit/

https://www.alodokter.com/mengenal-minyak-kayu-putih-lebih-jauh

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/16/211449420/selain-menghangatkan-ini-7-manfaat-minyak-kayu-putih?page=all

Copyright ©


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *