Connect with us

Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] “Pasca Diperiksa 8 Jam, KPK Temukan Tumpukan Uang Triliunan Dirumah Rahasia Pak Gub!”

Published

on

[SALAH] “Pasca Diperiksa 8 Jam, KPK Temukan Tumpukan Uang Triliunan Dirumah Rahasia Pak Gub!”

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia)

Informasi yang salah dan merupakan teknik clickbait. Isi konten dari video tersebut tidak menjelaskan ataupun membuktikan klaim tersebut melainkan hanya membacakan sebagian dari 3 artikel yang berbeda dan dari semua artikel tersebut tidak menjelaskan bahwa Anies Baswedan diperiksa oleh KPK selama 8 jam dan adanya penemuan tumpukan uang hingga triliunan di rumah rahasia Anies.

= = = = =

Advertisement

KATEGORI: Konten yang dimanipulasi / Manipulated Content

= = = = =

SUMBER: Facebook

https://archive.md/yQYN7

= = = = =

Advertisement

NARASI:

“Berita Terkini ~ Pasca Diperiksa 8 Jam, KPK Temukan Tumpukan Uang Triliunan Dirumah Rahasia Pak Gub!

Note # For a better Quality Experience, use your Earphone/Headphone


Thanks for all your Support

Advertisement

Copyright Disclaimer :

  • Under section 107 of the Copyright Act of 1976
  • Every Video, Audio, Footage, Image etc in this content under terms of Fair Use, Permitted by Copyright Statute.
  • Every Content in this Channel for purpose such as Education, News Report, interpretation etc.
    Category
    News & Politics”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar video yang diunggah oleh channel Youtube PAKDE TV berjudul “Berita Terkini ~ Pasca Diperiksa 8 Jam, KPK Temukan Tumpukan Uang Triliunan Dirumah Rahasia Pak Gub!” dengan klaim bahwa Anies diperiksa oleh KPK selama 8 jam dan ditemukan tumpukan uang triliunan rupiah di rumah rahasia Anies Baswedan. Video ini disukai 609 kali dan ditonton sekitar 43 ribu kali.

Video tersebut membaca sebagian dari 3 sumber artikel dan ketiga artikel tersebut tidak menjelaskan ataupun menyebutkan tentang adanya penemuan tumpukan uang triliunan rupiah di rumah rahasia Anies Baswedan. Klaim Anies diperiksa selama 8 jam oleh KPK juga tidak benar, faktanya Anies diperiksa oleh KPK selama 5 jam sebagai saksi perihal pengadaan tanah di Munjul.

Advertisement

Setelah isi konten dan transcript yang digunakan pada video tersebut, diketahui bahwa pada menit ke 02:30 narasi dibaca berasal dari artikel tribunnews.com yang berjudul “Anies Baswedan Diperiksa KPK Selama 5 Jam soal Pengadaan Tanah di Munjul, Diberi 8 Pertanyaan” yang membahas tentang kronologi dari pengadaan tanah di Munjul, kemudian mulai dari menit 07:30 narasi pada video membaca dari artikel genpi.id yang berjudul “Anies Baswedan Diperiksa KPK, Direktur CYPR Beri Reaksi Begini” yang membahas soal respon dari direktur eksekutif CYPR yaitu Dedek Prayudi soal pemanggilan Anies oleh KPK, dan terakhir pada menit 08:20 narasi membaca sebagian dari artikel sangalu.com berjudul “Diperiksa KPK, Anies Baswedan Singgung Keterlibatannya di Komite Etik Lembaga Antirasuah 2013” yang membahas soal keterlibatan Anies di Komite Etik Lembaga Antirasuah pada tahun 2013.

Melihat dari penjelasan tersebut, klaim Anies Baswedan diperiksa selama 8 jam oleh KPK dan adanya temuan tumpukan uang triliunan rupiah di rumah rahasia Anies adalah tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konten yang dimanipulasi / Manipulated Content.

= = = = =

REFERENSI:

Advertisement

https://www.tribunnews.com/nasional/2021/09/22/anies-baswedan-diperiksa-kpk-selama-5-jam-soal-pengadaan-tanah-di-munjul-diberi-8-pertanyaan

https://www.genpi.co/polhukam/137326/anies-baswedan-diperiksa-kpk-direktur-cypr-beri-reaksi-begini

https://www.sangalu.com/nasional/pr-831258814/diperiksa-kpk-anies-baswedan-singgung-keterlibatannya-di-komite-etik-lembaga-antirasuah-2013?page=all

Copyright ©

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer