Connect with us

Hasil periksa fakta Aisyah Adilah (Anggota Komisariat MAFINDO Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik Jakarta)

Faktanya, hasil otopsi menunjukkan bahwa Stanley Meyer meninggal karena cerebral aneurysma akibat darah tinggi.

= = = = =

Advertisement

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

= = = = =

[SUMBER]: WEBSITE
https://archive.vn/W62G3

= = = = =

[NARASI]:

Advertisement

Murder

On one fateful day in March 21 1998, Stanley Meyer was mysteriously murdered…While in a restaurant along with his brother, Stephen Meyer along with two Belgian investors, Stanley was murdered by poisoning. Stephen Meyer remembered the events of what happened on that fateful evening.

Stephen Meyer, quote: “Stanley took a sip of cranberry juice. Then he grabbed his neck, bolted out the door, dropped to his knees and vomited violently.”
“I ran outside and asked him, ‘What’s wrong?’ “ Stephen recalled.
“He said, ‘They poisoned me.’ That was his dying declaration.”

(Lanjutan setelah referensi)

Advertisement

= = = = =

[PENJELASAN]:

Sebuah artikel menjabarkan mengenai penemuan teknologi bahan bakar air yang ditemukan oleh Stanley Meyer. Dalam artikel tersebut dijelaskan cara kerja penemuan Stanley hingga misteri kematiannya.

Setelah ditelusuri, terdapat klaim yang salah mengenai tulisan dalam artikel tersebut. Berikut penjelasannya:

Advertisement

1. Kematian Stanley Meyer karena dibunuh.

Setelah diselidiki selama tiga bulan oleh Kepolisian Grove City, penyebab kematian Stanley ditetapkan karena Aneurisma Otak. Pernyataan itu didukung oleh hasil otopsi yang dilakukan William R. Adrion menyimpulkan bahwa Meyer meninggal akibat cerebral aneurysma karena darah tinggi. Satu-satunya hasil temuan kepolisian mengenai obat yang terdeteksi adalah Pereda nyeri lidokain dan fenitoin untuk mengobati kejang.

2. Seluruh penemuan sel bahan bakar dimulai pada tahun 1975, ketika Stanley Meyer menemukan bahan bakar Air.

Faktanya, orang yang pertama kali menciptakan sel bahan bakar adalah Sir William Robert Grove yaitu Fisikawan Inggris yang menemukan sel bahan bakar pada tahun 1842.

Advertisement

3. Cara kerja bahan bakar air yang lebih efisien.

Penemuan Meyers dimaksudkan untuk bekerja dengan membebaskan molekul hidrogen dalam H2O molekul oksigen yang menyertainya, memungkinkan hidrogen yang sangat mudah terbakar dibakar sebagai sumber bahan bakar. Proses ini (dikenal sebagai elektrolisis) adalah nyata dan terdokumentasi dengan sangat baik, tetapi sayangnya, dibutuhkan jumlah energi yang sama untuk memutus ikatan seperti yang dilepaskan saat terbentuk. Dengan kata lain – melepaskan energi dari air akan selalu menghabiskan lebih banyak energi daripada yang dihasilkannya. Itulah hukum pertama dan kedua termodinamika yang bekerja.

Penjelasan tersebut sama seperti pendapat editor jurnal Nature, Philip Ball, dalam kolomnya, menilai bahwa berbagai klaim soal temuan bahan bakar air, seperti yang ditemukan Stanley, termasuk dalam pseudosains. Philip mengatakan hidrogen memang bahan bakar yang menjanjikan dalam ekonomi energi bersih yang baru.

Tapi membuat hidrogen dari air membutuhkan lebih banyak energi daripada yang bisa didapatkan dari membakarnya. Menurut Philip, mengekstrak energi bersih dari siklus total ini tidak memungkinkan, selama hukum pertama dan kedua termodinamika masih berlaku.

Advertisement

4. Sel bahan bakar air Stanley Meyer diperiksa oleh tiga saksi ahli di pengadilan.

Nyatanya, ketika hendak diuji oleh saksi ahli Prof Michael Laughton dari Queen Mary, University of London, Meyer menghindar dengan alasan yang dibuat-buat. Akhirnya di pengadilan kesaksian 3 orang ahli menilai bahwa ‘temuan’ Meyer tersebut sama sekali tidak revolusioner. Water Fuel Cell ala Meyer yang telah resmi dipatenkan itu selanjutnya dinyatakan sebagai penipuan oleh Pengadilan Ohio pada 1996.

Sehingga, klaim mengenai penemu bahan bakar air yang meninggal karena dibunuh termasuk hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan.

= = = = =

Advertisement

[REFERENSI]:

https://www.britannica.com/biography/William-Robert-Grove

https://cekfakta.tempo.co/fakta/1133/tidak-terbukti-stanley-meyer-yang-disebut-temukan-mobil-berbahan-bakar-air-meninggal-karena-dibunuh-pebisnis-minyak

https://oto.detik.com/profil/d-4990547/kisah-misterius-tewasnya-pencipta-mobil-berbahan-bakar-air

Advertisement

https://news.detik.com/berita/d-944712/bahan-bakar-hidrogen-dari-air-telah-dipatenkan-stanley-meyer

Copyright ©

Advertisement

Populer