Cek Fakta: [SALAH] Pesan Berantai Rekrutmen Relawan Untuk Merawat Pasien Covid 19 di Wisma Atlet Oleh Dokter Irna

By: Rabu, 13 Januari 2021
[SALAH] Pesan Berantai Rekrutmen Relawan Untuk Merawat Pasien Covid 19 di Wisma Atlet Oleh Dokter Irna

Pesan berantai tersebut merupakan hoaks yang sudah pernah diperiksa faktanya pada bulan 24 Maret 2020 dan 13 Desember 2020. Adapun, rekrutmen relawan itu sudah ditutup semenjak 20 Maret 2020.

=====

Kategori: Konten Palsu

=====

Sumber: Whatsapp

=====

Narasi:

“Izin infokan

Yth Bapak/Ibu,

Mohon ijin…🙏🙏

Bisakah mencarikan volunteer tenaga kesehatan untuk merawat pasien covid 19 di wisma atlit jakarta yg akan dibuka senin ini?

Apabila ada bisa hubungi saya… terimakasih…

Dr. Irna

+6281212729543

Kemenkes

(Batas usia 40 thn maksimal)

Gaji Rp.6,3 juta dapet mes

Teman2 mhn bantuannya share ini ya.. saat ini yg mendaftar masih 140an org. Sementara kebutuhannya 800 org. Terima kasih. 🙏🏻🙏🏻

.

Semoga Allah mudahkan…aamiin

😫😫

Jika kita tak mampu untuk membantu yg dibutuhkan, minimal tumbuhkan rasa empati kita ke para nakes yg terus berjuang menyembuhkan pasien covid ini.

Pliiisss… tolong mereka para nakes  dgn tetap dirumah buat kita yg tak mencari nafkah (jika tak ada urusan penting banget)

Pliiiss….tetap pake masker (jika keluat rumah)

Pliisss…. tetap ingat jaga jarak

Pliisss… cuci tangan sesering mungkin

Pliiiss… jaga kesehatan keluaga !!”

=====

Penjelasan:

Beredar pesan berantai Whatsapp informasi rekrutmen relawan untuk merawat pasien Covid 19 di Wisma Atlet, Jakarta. Dalam pesan tersebut terdapat nomor kontak atas nama Dr. Irna.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa pesan berantai tersebut merupakan hoaks lama yang muncul kembali dengan modifikasi pada bagian narasinya. Terkait lowongan atau rekrutmen relawan untuk merawat pasien Covid 19 sudah diperiksa faktanya di turnbackhoax.id dengan artikel berjudul “[SALAH] Pendaftaran Relawan COVID-19 di Wisma Atlet” yang tayang pada 13 Desember 2020 dan artikel berjudul “[SALAH] Rekrutmen Relawan Penanganan Pasien Virus Corona Oleh Dokter Irna” yang tayang pada 24 Maret 2020.

Adapun, Dr. Irna yang dicatut namanya dalam pesan berantai tersebut sudah pernah mengklarifikasi terkait pesan berantai itu. “Selamat malam saya dr Irna…ingin mengklarifikasi aras wa yg tersebar dengan menyebutkan nama saya sebagai kontak person untuk penerimaan volunteer covid 19, wa tersebut mohon untuk diabaikan, karena wa tersebut bukan official dari Kem Kesehatan. Tolong disampaikan kepada yang membroadcast untuk take down broadcast yang tidak benar tersebut. Terimakasih” tulis Dr. Irna melalui Whatsapp.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten pesan berantai itu masuk ke dalam kategori Konten Palsu.

=====

Referensi:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/9K50Rrnk-rekrutmen-volunter-penanganan-pasien-covid-19-melalui-dokter-irna-hoaks

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4431173/cek-fakta-hoaks-informasi-pendaftaran-relawan-tenaga-kesehatan-covid-19-melalui-dokter-irna

Copyright ©


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *