Cek Fakta: [SALAH] Pidato Lengkap Jokowi, Negara Kita Tidak Pernah Berhutang Hanya Melakukan Pinjaman Dari Luar Negeri

By: Selasa, 11 Agustus 2020
[SALAH] Pidato Lengkap Jokowi, Negara Kita Tidak Pernah Berhutang Hanya Melakukan Pinjaman Dari Luar Negeri

Foto suntingan atau editan, pada tanggal dan jam yang sama tidak ditemukan artikel kompas.com berjudul seperti itu. artikel asli yang tayang pada selasa, 31 maret 2020 pukul 16.27 WIB berjudul “Pidato Lengkap Jokowi, dari PSBB, Listrik Gratis, hingga Keringanan Kredit”.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

======

[SUMBER]: http://archive.md/nnoCe

======

[NARASI]:

“Haiyyaaa .. ini plecident +62 itu hoo .. ?!!

Plecident +62 ini tidak hutang lho ..

cuma pinjam pinjam lual negeli .. 😄😄😄

#aneh_tapi_fakta_lho

======

[PENJELASAN]:

Akun facebook bernama Gula Surya Zhiu Han mengunggah tangkapan layar artikel kompas.com yang berjudul “Pidato Lengkap Jokowi, Negara Kita Tidak Pernah Berhutang Hanya Melakukan Pnijaman Dari Luar Negeri”, yang tayang pada selasa, 31 maret 2020 pukul 16.27 WIB.

Berdasarkan hasil penelusuran, faktanya foto tersebut merupakan hasil suntingan atau editan. Melaui index pencarian di laman kompas.com ditemukan artikel asli berjudul “Pidato Lengkap Jokowi, dari PSBB, Listrik Gratis, hingga Keringanan Kredit”.

Konten manipulasi ini sudah pernah dilakukan pemeriksaan fakta oleh mafindo pada laman turnbackhoax.id pada 27 april 2020 lalu [SALAH] “Pidato Lengkap Jokowi, Negara Kita Tidak Pernah Berutang, Hanya melakukan Pinjaman Luar Negeri”.

Dalam artikel tersebut berisi kebijakan Presiden Jokowi bagi masyarakat yang terdampak wabah, khususnya kelas ekonomi menengah ke bawah. Kebijakan yang dimaksud mulai dari penambahan jumlah penerima program kesejahteraan, meringankan pembayaran kredit, hingga menggratiskan tarif listrik.

======

REFERENSI:

https://nasional.kompas.com/…/pidato-lengkap-jokowi-dari-ps…

https://turnbackhoax.id/…/salah-pidato-lengkap-jokowi-nega…/

Copyright ©


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *