Connect with us

Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Sinovac Tidak Manjur, China Pindah ke Pfizer dan Moderna

Published

on

[SALAH] Sinovac Tidak Manjur, China Pindah ke Pfizer dan Moderna

Hasil Periksa Fakta Fachrun Nisa (Universitas Muhammadiyah Luwuk).

Diketahui bahwa sampai dengan saat ini China masih konsisten menggunakan Sinovac.

Selengkapnya pada penjelasan!

Advertisement

= = = = =

KATEGORI: MISLEADING CONTENT

= = = = =

SUMBER: WhatsApp

Advertisement

https://archive.ph/BLLME

= = = = =

NARASI:
“BREAKING NEWS..!! CHINA AKUI VAKSIN SINOVAC BUATANNYA TIDAK MANJUR Lah trus.., Pembuatnya saja mengakui vaksin Sinovac buatannya kurang manjur.., tapi Indonesia malah memborongnya..?? China akan beralih ke vaksin Pfizer dan Moderna. Keputusan China yang tak lagi menggunakan vaksin Sinovac buatannya dan akan sepenuhnya beralih menggunakan vaksin Pfizer dan Moderna ini membuat dunia geger. Kasus Covid-19 melonjak.., efektivitas vaksin Sinovac kembali dipertanyakan. Singapura tak akui Sinovac. Singapura ragukan vaksin Sinovac.., kasus di Indonesia jadi Rujukan”
= = = = =

PENJELASAN:

Sebuah pesan berantai tengah marak beredar melalui media sosial WhatsApp yang berisi informasi terkait China yang diklaim tidak lagi menggunakan vaksin Sinovac dikarenakan kurang manjur sehingga beralih menggunakan vaksin Moderna dan Pfizer.

Advertisement

Setelah dilakukan penelusuran, diketahui bahwa informasi tersebut tidak benar. Informasi tersebut dibantah oleh Konselor bidang Sains dan Teknologi Kedutaan Besar Tiongkok di Jakarta, Yi Fanping, mengatakan negaranya masih konsisten mementingkan keamanan dan efektivitas vaksin. Hingga kini pun Tiongkok masih menggunakan vaksin CoronaVac yang dibuat oleh Sinovac dan vaksin Sinopharm.

Selain itu, organisasi kesehatan dunia (WHO) juga telah menyetujui penggunaan Sinovac.

Dengan demikian informasi yang beredar di WhatsApp terkait China yang tidak lagi menggunakan vaksin sinovac tersebut tidak benar, sehingga informasi tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

=====

Advertisement

REFERENSI:

https://www.who.int/news-room/feature-stories/detail/the-sinovac-covid-19-vaccine-what-you-need-to-know

https://katadata.co.id/safrezifitra/berita/611f59642f6d8/cek-fakta-vaksin-sinovac-tidak-manjur-melawan-covid-19

https://www.antaranews.com/berita/2292466/hoaks-china-akui-sinovac-tak-ampuh

Advertisement

https://www.google.com/amp/s/m.merdeka.com/amp/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-china-ragukan-vaksin-sinovac-amp-beralih-ke-pfizer-ini-faktanya.html

Copyright ©

Populer