Cek Fakta: [SALAH] Surat Perintah BPNB Terkait Normalisasi Sungai di Sulawesi Tenggara

By: Selasa, 14 Januari 2020
[SALAH] Surat Perintah BPNB Terkait Normalisasi Sungai di Sulawesi Tenggara

Badan Penanggulangan Nasional Bencana (BNPB) diterpa isu kurang sedap melalui beredarnya sebuah surat yang mengatasnamakan mereka. Surat tersebut berisi narasi perihal normalisasi sungai Wanggu Konawe Selatan dan Hulu Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Surat tersebut dibuat seolah-olah BNPB menugaskan PT. RIBROS RAYA MUDA dengan nilai kontrak mencapai Rp 34 miliar. Guna mengatasi adanya informasi yang tidak sesuai dengan fakta, dengan tegas BNPB menyatakan bahwa surat tersebut adalah tidak benar alias hoaks.

Selengkapnya
terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FABRICATED CONTENT

SUMBER: KERTAS SURAT

Penjelasan
serupa juga muncul dari media sosial Twitter resmi milik BNPB @BNPB_Indonesia yang menegaskan bahwa surat tersebut adalah hoaks dan terindikasi penipuan. Dari penjelasannya, dijelaskan bahwa BNPB tidak pernah membuat sepertihalnya yang beredar tersebut. Dan menghimbau masyarakat agar selalu berhati-hati terdapat informasi yang beredar. Serta menginstruksikan agar mencari informasi melalui Website dan media sosial resmi BNPB.

===

REFERENSI:

https://www.kompas.com/tren/read/2020/01/13/183000365/-hoaks-surat-perintah-bnpb-terkait-normalisasi-sungai-sulawesi-tenggara?page=all
https://indopolitika.com/bnpb-diguncang-isu-hoaks-soal-normalisasi-dua-sungai-senilai-rp-34-miliar/

Copyright ©