Cek Fakta: [SALAH] TV Nasional Belum Siarkan Berita Terkait Banjir yang Melanda Kalsel

By: Rabu, 20 Januari 2021
[SALAH] TV Nasional Belum Siarkan Berita Terkait Banjir yang Melanda Kalsel

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Klaim tidak berdasar. Faktanya, berita terkait banjir yang terjadi di wilayah Kalimantan Selatan sudah muncul di berbagai TV Nasional sebelum munculnya klaim tersebut.

Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Salah

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/oQJMk

= = = = =

NARASI:

“Di luar Kalsel ada pohon tumbang stasiun TV- TV nasional rame memberitakan, tapi warga Kalimantan Selatan sudah seminggu lebih menikmati banjir yang menenggelamkan ratusan rumah sampai ke atapnya belum ada muncul beritanya di TV nasional. Padahal sama2 NKRI, ada apa? “

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook bernama Herpani Putra Kelumpang memposting beberapa video banjir pada grup Media Politik Indonesia. Pada postingan tersebut terdapat narasi yang mengklaim bahwa saat postingan itu dibuat yaitu 14 Januari 2021 belum ada berita di televisi nasional tentang banjir di Kalimantan Selatan.

Setelah ditelusuri, pada 12 Januari 2021 berita terkait banjir yang menerjang Kalimantan Selatan sudah disiarkan oleh KOMPASTV. Hal itu terlihat dari unggahan di kanal Youtube Kompastv berjudul “Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Kecamatan di Kabupaten Banjar Diterjang Banjir”. Diberitakan bahwa sejumlah wilayah di 7 Kecamatan di Banjar terendam air.

Sementara itu, pemberitaan serupa juga ditemukan pada kanal Youtube resmi milik TV ONE berjudul “Banjir Lumpuhkan Sejumlah Daerah di Kalimantan Selatan | tvOne Minute” yang tayang pada 13 Januari 2021. Diinformasikan bahwa banjir sudah mencapai ketinggian 3 meter, dan daerah terparah berada di wilayah Banjar dan Tanah Laut.

Dengan demikian, klaim bahwa sampai 14 Januari 2021 belum ada berita di TV Nasional tentang banjir di Kalimantan Selatan tidak benar. Pada tanggal 12 Januari 2021 oleh media KOMPASTV dan pada 13 Januari 2021 oleh media tvOneNews sudah ada berita yang menyiarkan banjir di Kalimantan Selatan sehinga masuk dalam kategori konten yang salah.

= = = = =

REFERENSI:

https://youtu.be/0YmOesDGzrs
https://youtu.be/EbGpm1Drxqc

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian

Copyright ©


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *