Cek Fakta: [SALAH] Ustad Adi Hidayat dan Abdul Somad Kaget 3 Pangeran Uni Emirat Arab Rayakan Natal dengan Paus

By: Jumat, 1 Januari 2021
[SALAH] Ustad Adi dan Somad Kaget 3 Pangeran Uni Emirat Arab Rayakan Natal Dengan Paus

Bukan perayaan natal, video tersebut merupakan peristiwa kunjungan ke Abu Dhabi dan merupakan pertama kalinya Paus Fransiskus mengunjungi Jazirah Arab pada februari 2019 lalu. Dalam kunjungannya, Paus mengikuti konferensi antaragama, bertemu dengan Sheikh Ahmed al-Tayeb, imam Al-Azhar Kairo, pusat pendidikan Islam Sunni yang bergengsi.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG SALAH

======

[SUMBER]:

https://archive.fo/7fbBp (ARSIP)

======

[NARASI]:

“Arab rayakan natal,
Aeab saudi merayakan natal,
Pangeran saudi rayakan natal dengan paus”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah kanal youtube bernama Jaya Inspirasi mengupload video berjudul “Ustad Adi dan Somad Kaget 3 Pangeran Uni Emirat Arab Rayakan Natal Dengan Paus” pada 27 desember 2020.

Berdasarkan penelusran, video berdurasi 5 menit tersebut menunjukkan beberapa sequence video. Sequence yang pertama adalah ceramah ustad Abdul Somad terkait pengucapan selamat natal. Kemudian ceramah Ustad yang kedua adalah Ustad Khalid Basalamah terkait pengucapan natal dan tidak sesuai dengan judul video dimana disebutkan adalah Ustad Adi.

Dari pembahasan ceramah kedua Ustad tersebut, tidak ada menyinggung terkait 3 pangeran Arab yang merayakan natal dengan Paus. Pada sequence kedua di menit 1.27, ditemukan video identik di situs video.com yang memuat video berjudul “Bersejarah, Paus Fransiskus Kunjungi Jazirah Arab” pada 4 Februari 2019. Situs vidio.com memberi keterangan bahwa Paus Fransiskus melakukan kunjungan ke Abu Dhabi. Kunjungan ini menjadi momen bersejarah karena menjadi kunjungan pertama Paus ke Jazirah Arab.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul “Pope Francis lands in UAE for historic visit” yang dimuat situs africatembelea.com, pada 3 Februari 2019. Situs africatembelea.com menyebutkan, Paus mendarat di Uni Emirat Arab pada hari Minggu untuk kunjungan pertama Paus ke Jazirah Arab – tempat kelahiran Islam. Paus akan mengikuti konferensi antaragama, bertemu dengan Sheikh Ahmed al-Tayeb, imam Al-Azhar Kairo, pusat pendidikan Islam Sunni yang bergengsi.

kemudian pada sequence ketiga, pada menit 3.25 video menanyangkan seorang mengenakan baju khas Timur Tengah yang terlihat sedang dalam suasan natal. Penelusuran mengarah pada unggahan video akun Facebook Khalid Al Meri, pada 25 Desember 2019. Unggahan video tersebut identik dengan cuplikan gambar yang ada dalam klaim video Pangeran UEA merayakan Natal bersama Paus.

Video tersebut menampilkan youtuber dan influencer muslim Khalid Al Ameri sedang menceritakan perayaan Natal di UEA. Video yang ditayangkan tidak terkait terkait dengan perjalanan Paus ke UEA dan klaim video Pangeran UEA merayakan Natal bersama Paus.

======

REFERENSI:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4446320/cek-fakta-hoaks-dalam-video-ini-pangeran-uea-rayakan-natal-bersama-paus

https://www.vidio.com/watch/1578278-bersejarah-paus-fransiskus-kunjungi-jazirah-arab

https://www.facebook.com/100044499996841/videos/1006346779749535/

Copyright ©


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *