Connect with us

Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Video Detik-Detik Kecelakaan Vanessa Angel

Published

on

[SALAH] Video Detik-Detik Kecelakaan Vanessa Angel

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Video tersebut tidak benar. Faktanya, posisi mobil Vanessa Angel tidak sampai keluar jalur tol seperti yang ada di video Facebook, namun berhenti di lajur cepat.
Selengkapnya pada penjelasan!
= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

Advertisement

= = = = =
SUMBER: Facebook
(arsip) https://archive.ph/sdThx
https://web.facebook.com/watch/?ref=search&v=1025946288246318&external_log_id=c888e1f5-f7a0-497a-8372-6c6414de5bc4&q=detik%20detik%20vanesa%20kecelakaan

= = = = =

NARASI:
“Inilah video detik detik kecelakan mobil vanesa angel yang terekam kamera saat menghantam pagar pembatas di tol jombang…”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook bernama Mr. Junior memposting sebuah video berdurasi 1 menit 17 detik. Di awal terdapat potongan video yang memperlihatkan sebuah mobil menghantam pembatas jalan hingga keluar dari jalan tol, yang mana video tersebut diklaim sebagai detik-detik kecelakaan Vanessa Angel.

Advertisement

Setelah ditelusuri pada salah satu artikel milik Antaranews.com yang berjudul “Hoaks! Video detik-detik kecelakaan mobil Vanessa Angel” ditemukan informasi bahwa potongan video tersebut bukan detik-detik kecelakaan Vanessa Angel namun kecelakan mobil pada 2016 yang terjadi di ruas tol Cilegon-Cilangkap. Mobil yang ditumpangi Vanessa Angel tidak sampai keluar jalur tol namun hanya berada di pinggir kiri ruas jalan tol Nganjuk, Jawa Timur. Kondisi jalan Tol Nganjuk arah Jakarta menuju Surabaya mempunyai jalur yang lurus berbeda dengan tampilan di video Facebook.

Jika ditelusuri melalui Google Maps lokasi kecelakaan tersebut berada di atas jembatan tepatnya di jalur kiri dengan medan jalur lurus berbeda dengan jalur di video yang berbelok. Kemudian pada km 672.300 terdapat jembatan yang berada di atas jalur tol, adanya jembatan dan plakat di samping jalur juga terlihat di foto pada artikel Antaranews.com.

Informasi yang sama dijelaskan oleh Kabid Humas Kombes Pol Gatot Repli Handoko dalam salah satu artikel miliki Liputran6.com berjudul ” Kronologi Kecelakaan yang Menewaskan Vanessa Angel dan Suaminya”. Dalam artikel terebut Gatot Repli Handoko menjelaskan mobil tersebut menghantam beton pembatas sebelah kiri lalu terpelating dan berputar berhenti di lajur cepat.

Dengan demikian, video di Facebook tidak benar. Posisi mobil Vanessa Angel tidak sampai keluar jalur tol, namun berhenti di jalur cepat sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Advertisement

REFERENSI:
https://www.antaranews.com/berita/2503885/hoaks-video-detik-detik-kecelakaan-mobil-vanessa-angel#mobile-src
https://www.liputan6.com/news/read/4702373/kronologi-kecelakaan-yang-menewaskan-vanessa-angel-dan-suaminya
https://maps.app.goo.gl/yzwXEkifvQReAXfK6

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian

Copyright ©

Advertisement

Populer