Cek Fakta: [SALAH] Video Membuang Uang di Times Square untuk Teman Baiknya yang Meninggal karena Covid-19

By: Selasa, 20 April 2021
[SALAH] Video Membuang Uang di Times Square untuk Teman Baiknya yang Meninggal karena Covid-19

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Informasi yang salah. Orang pada video tersebut membuang uang bukan karena temannya yang meninggal karena Covid-19 melainkan meninggal karena tewas ditembak.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/6vYsH

= = = = =

NARASI:

“Seseorang yang terinfeksi virus Covid-19 dan baru wafat dan meninggalkan deposit yang besar. Dia mempercayakan teman baiknya untuk membuang uangnya di Times Square di New York. Karena benar bahwa jika dia mati tidak akan membawa semua uangnya itu.”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar di media sosial yang diunggah oleh akun Facebook Kasih berupa sebuah video orang yang sedang membuang uang yang diklaim merupakan permintaan temannya yang meninggal karena Covid-19. Postingan tersebut disukai sebanyak 159 kali dan dikomentari 14 kali.

Berdasarkan artikel periksa fakta factcheck.apf.com, video tersebut terdiri dari 2 cuplikan yang berbeda. Cuplikan pertama dimulai dari awal video hingga durasi 2:05 yang diketahui merupakan video yang berjudul “Free CASH MONEY For The People in TIME SQUARE ! In Memory of my friend: RIP Joe KUSH” yang diupload oleh kanal Youtube TraxNYC Diamond Jewelry pada 21 Maret 2021. Orang pada video tersebut diketahui adalah Maksud Agadjani selaku founder dan CEO TraxNYC.

Cuplikan kedua berasal dari unggahan akun Instagram @thegod_joekush pada 14 November 2019 dengan tagging lokasi di Rodeo Drive Walk of Style di Beverly Hills, California. Joe Kush sendiri adalah seorang rapper dari Detroit yang dikabarkan tewas tertembak pada bulan Maret 2020 silam.

Melihat dari penjelasan tersebut, klaim seseorang membuang uang temannya yang meninggal karena Covid-19 adalah tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konten yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://factcheck.afp.com/video-shows-man-paying-tribute-his-friend-after-he-was-allegedly-shot-dead-it-not-related-covid-19

https://www.youtube.com/watch?v=A-3Ed5wNWKQ

https://www.instagram.com/p/B42ifRPlacG/

Copyright ©


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *