Dental Center Assosiation dan RS Asshobirin Gelar Penyuluhan Kesehatan Gigi

By on Sabtu, 30 November 2019

Puluhan peserta penyuluhan Kesehatan Gigi antusias mendengarkan pemaparan dari drg. Nurul Adha Marzuki Sp. Perio dan drg Nurul Pujiastuti Sp,. KGA yang menjadi narasumber di kegiatan yang digelar di Aula Rumah Sakit (RS) Asshobirin, Serpong Utara, Kota Tangsel, Kamis, (28/11/2019).

Kegiatan edukasi ini dibuka Direktur Utama RS Asshobirin Tri Widowati. Sedangkan, drg. Nurul Adha Marzuki Sp. Perio memberikan pemaparan tentang Gusi Kami Berdarah, Mungkin Ini Penyebabnya. Serta drg Nurul Pujiastuti S. KGA yang memberikan materi bertema Tips Mendapatkan Gigi Anak yang Sehat.

Direktur Utama RS Asshobirin Tri Widowati mengatakan, kegiatan penyuluhan kesehatan gigi ini RS Asshobirin bekerjasama dengan Dental Center Assosiation (DCA) dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh 12 november 2019.

“Tujuan penyuluhan kesehatan gigi ini utk memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang bahaya penyakit gingivitis (gusi berdarah) apabila tidak dirawat secepatnya, dan mengajarkan kepada masyarakat bagaimana mencegah terjadinya gusi berdarah serta edukasi cara menyikat gigi dengan benar,” katanya.

Selain itu, kata Tri, penyuluhan ini sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat bahwa poli gigi dan mulut RS. Asshobirin mempunyai dokter gigi spesialis dan poli gigi buka pada pagi, siang, dan sore hari.

“Jangan anggap remeh sakit gigi. Kalau tidak, bisa memicu penyakit lain,” ucapnya.

Sementara, drg. Nurul Adha Marzuki mengatakan, penyakit gigi sering dikesampingkan masyarakat. Padahal jika tidak dirawat akan memicu penyakit lain. Seperti jantung, stroke dan diabetes.

“Paling tidak harus perawatan gigi enam bulan sekali. Ini untuk mencegah kerusakan gigi,” katanya.

Menurutnya, masyarakat masih belum banyak yang tahu jika kerusakan gigi bisa memicu penyakit lainnya.

“Di seminar ini kita edukasi masyarakat untuk menjaga kesehatan gigi,” pungkasnya. (*)