Connect with us

Pemerintahan

DSDABMBK Tangsel Lakukan Gerak Cepat Penanganan Banjir

Intensitas curah hujan Sabtu (30/4) yang tinggi dengan angin kencang membuat beberapa lokasi di Kota Tangerang Selatan terjadi limpasan air yang membuat beberapa titik di Kota Tangerang Selatan tergenang.

Akibatnya debit air yang melebihi dari biasanya pada beberapa sungai pun bertambah dan merambah ke jalan dan permukiman. Sejumlah laporan terkait munculnya titik genangan air pun masuk ke Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Pemerintah Kota Tangerang Selatan, genangan terjadi pada beberapa titik yaitu di Jl. Merpati raya, Jl. Widya Kencana Jl. Siliwangi, dan Jl. Aria Putra serta tanggul jebol dan limpasan air terjadi di Perumahan Puri Pamulang, Pamulang Asri dan Rosewood.

Menindaklanjuti laporan yang masuk dan hasil pengecekan langsung dilapangan, walau masuk masa libur lebaran, tim Dinas SDABMBK bergerak cepat melakukan penanganan tanggul jebol di aliran Kali Cibenda yang mengakibatkan limpasan air masuk ke Perumahan Warga terjadi di Perumahan Puri Pamulang, Perumahan Pamulang Asri dan Perumahan Rosewood, di antaranya langsung mengupayakan pembersihan material dengan alat berat dan sampah akibat terbawa air. Penanganan darurat dilakukan dengan memasang karung pasir dan pembersihan puing yg menutup aliran kali Cibenda pada malam hari itu juga serta pembersihan saluran tali air agar aliran menjadi lancar.

Advertisement

Di titik lain, petugas DSDABMBK memaksimalkan kinerja pompa pengendali banjir yang berada di beberapa wilayah titik banjir, pengangkatan sampah di saluran drainase, pembersihan entry pit drainase dan pembersihan lumpur yg nelimpas di jalan akibat luapan kali untuk menjaga keselamatan pengguna jalan.

Secara umum, DSDABMBK berupaya melakukan pemantauan di sejumlah titik rawan genangan dan memantau informasi yang direlease BMKG untuk cuaca wilayah Kota Tangsel hingga satu minggu kedepan, curah hujan tinggi masih akan terjadi, sehingga kami akan selalu waspada. Pemerintah Kota Tangsel juga menghimbau agar Masyarakat selalu waspada dan tetap menjaga lingkungan agar saluran air tetap terjaga dengan baik tanpa sampah. (red/fid)

Advertisement

Populer