Connect with us

Hukum

FPU 3 Minusca Polri Matangkan Strategi di Serpong Tangsel Sebelum Ditugaskan ke Wilayah Konflik Afrika Tengah

 Personel Formed Police Unit (FPU) 3 Minusca (United Nation Mission Integrated Multidimensional Stabilization in Central African Republic) berdiri tegap dan gagah dengan kostum lengkapnya serta senjata laras Panjang di tangannya. Mereka berdiri berbaris rapi dan dengan sigap memeriksa setiap orang yang melintas.

Suasana itu terjadi di Pusdiklat Lantas Polri di Kawasan Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu (21/08/2021). Itu merupakan simulasi yang dilakukan Team FPU 3 Minusca yang terdiri dari 152 Personel Polri, 18 diantaranya Polwan. Mereka disiapkan untuk mengemban tugas mulia dalam misi PBB ke wilayah konflik Afrika Tengah. Rencananya bulan September 2021 mendatang Tim Garuda Polri ini akan berangkat ke Afrika Tengah untuk bertugas menjaga kedamaian di Afrika Tengah selama 1 tahun.

Kadivhubinter Polri (Irjen. Pol. Johni Asadoma) bersama Karomisinter Divhubinter Polri (Brigjen. Pol. Krishna Murti) dan petinggi lainnya datang langsung menyaksikan simulasi pengamanan Personel FPU 3 Minusca. Termasuk 2 tim penguji utusan PBB (Kolone.l Dridi Aymen) dari Tunisia dan (Letnan Satu. Top Penda) dari Senegal juga berada di lokasi menyaksikan simulasi FPU 3 Minusca.

Advertisement

“Tim ini sudah berlatih hampir 1 tahun lamanya. Kemampuan mereka dalam menjaga perdamaian dinilai langsung oleh tim khusus dari PBB. Dan saya melihat, fisik dan kemampuan mereka dalam segala hal sudah sangat baik. Perlengkapan pun sudah lengkap dan snagat siap untuk menjalani tugas mulia ini menjaga perdamaian dunia. Mereka akan diberangkatkan September mendatang ke Afrika Tengah,” ujar Irjen. Pol. Johni Asadoma.

“Polri sudah lama mendapat kepercayaan untuk ikut menjaga perdamaian dunia. Dan ini diapresiasi besar oleh pemerintah setempat serta PBB. Sehingga sampai saat ini kontengan FPU kami (Polri) terus ada rotasi (Pergantian) personel kami untuk menjaga perdamaian di wilayah konflik,” sambungnya.

Setelah melakukan simulasi, Kadivhubinter Polri Irjen Pol Johni Asadoma akan melakukan pembaretan langsung ke seluruh personel FPU 3 Minusca Polri di Teluk Lampung, Pulau Tegal Mas selama 6 hari yang dimulai pada Selasa (24/08/2021) mendatang.

Advertisement

Populer