Fungsi Seni untuk Redakan Stres, Mitos Atau Fakta?

By on Rabu, 20 Maret 2019

Bernyanyi, menggambar, atau menari merupakan aktivitas kesenian yang menyenangkan dan menjadi favorit banyak orang. Tak hanya menyenangkan, seni juga disebut-sebut memiliki fungsi sebagai pereda stres. Benarkah begitu? Berikut ulasannya.

Penelitian buktikan salah satu fungsi seni bisa atasi stres

Penelitian menunjukkan bahwa ada salah satu fungsi seni yang bermanfaat bagi kesehatan, yaitu mengurangi kecemasan dan mengatasi suasana hati yang buruk. Hal ini dilakukan dengan cara menurunkan kadar kortisol di dalam tubuh. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Art Therapy Association ini didapatkan berdasarkan pengamatan terhadap 39 orang dewasa.

Dalam hal ini, para peserta diminta untuk melakukan kegiatan seni selama 45 menit. Tak lupa peneliti juga mengambil sampel kadar kortisol (hormon stres) melalui air liur sebelum dan sesudah kegiatan tersebut. Para peserta kemudian difasilitasi dengan spidol dan kertas, tanah liat, dan berbagai bahan untuk membuat scrap book.

Dari berbagai bahan yang disediakan, peserta boleh menggunakan semua bahan tersebut untuk membuat berbagai produk kesenian yang diinginkannya tanpa arahan tertentu.

Hasilnya, para peneliti menemukan fakta bahwa sekitar 75 persen kadar kortisol peserta menurun selama mereka membuat karyanya masing-masing.

Para peserta menganggap kegiatan ini terasa menyenangkan dan membuatnya lebih santai. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi penghilang stres setelah bekerja.

Selain itu, banyak juga peserta yang merasa bahwa kegiatan ini membuatnya seperti kembali ke masa kecil.

Kenapa seni bisa membantu meredakan stres?

latihan nyanyi cara menghilangkan ngorok

Berikut ini beberapa alasan yang mendasari mengapa seni bisa meredakan stres, yaitu:

Dapat mengalihkan pikiran

Seni, apa pun bentuknya, bisa membantu mengalihkan pikiran Anda dari sesuatu yang membuat stres. Manfaat seni adalah membantu perhatian Anda teralihkan karena saat melakukannya Anda fokus menciptakan karya.

Oleh karena itu, menggambar, menari, atau melukis kerap menjadi pelarian seseorang saat ia merasa sedang memikul beban pikiran yang berat.

Me time

Menciptakan me time merupakan salah satu manfaat seni yang disadari atau tidak ternyata bisa membantu meredakan stres. Pasalnya, mencurahkan waktu untuk menikmati hobi kesenian akan membuat Anda merasa lebih seimbang. Di tengah semua tanggung jawab dan rutinitas yang Anda jalani, seni membantu Anda lebih rileks dengan bebas berkreasi menciptakan sesuatu yang Anda inginkan.

Cara lain untuk meredakan stres

spa di rumah

Fungsi seni untuk meredakan stres tak perlu Anda ragukan lagi mulai sekarang. Namun, selain itu, tentu masih ada banyak cara untuk membantu meredakan stres, antara lain:

Bermain

Menikmati berbagai permainan, baik dengan teman maupun sendiri, secara online ataupun konvensional, bisa membuat Anda jauh lebih santai. Biasanya game menjadi salah satu penghilang stres yang sangat efektif untuk sebagian orang. Meski beberapa game membutuhkan strategi yang menuntut kreativitas, hal ini sama sekali tidak membuat seseorang merasa tertekan.

Olahraga

Olahraga menjadi salah satu penghilang stres paling efektif yang bisa berdampak dengan cepat. Untuk meredakan stres, coba saja berjalan kaki di luar ruangan sambil menghirup udara segar. Tanpa perlu menunggu lama, kepala yang berat akan terasa lebih ringan dan mood pun menjadi lebih baik.

Spa

Spa merupakan rangkaian perawatan tubuh yang bisa memberikan efek menyegarkan dan menenangkan. Jika tak mau merogoh kocek terlalu dalam, Anda bisa mencoba spa di rumah. Apabila memungkinkan, penuhi ruangan di rumah Anda dengan aromaterapi yang bisa membantu menenangkan tubuh serta pikiran.

Kabartangsel.com

Source