Gedung IKALUIN Mulai Dibangun

By: Jumat, 7 Agustus 2020

Ikatan Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta atau IKALUIN telah memulai pembangunan Gedung IKALUIN, Kamis (6/8/2020). Banyak harapan disematkan atas pembangunan Gedung IKALUIN yang dibangun di atas lahan 410 meter dan berlokasi di kawasan Jalan Kertamukti, Pisangan, Ciputat Timur tersebut.

Melansir dari laman uinjkt.ac.id, Pembangunan gedung sendiri ditandai peletakkan batu pertama oleh Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Hj. Amany Lubis MA. Turut menyaksikan peletakkan batu pertama Ketua Senat Prof. Dr. Abuddin Nata MA, Sekretaris Senat Prof. Dr. Armai Arief, para Wakil Rektor dan Kepala Biro UIN Jakarta.

Dalam sambutannya menjelang prosesi peletakkan batu pertama, Ketua Umum IKALUIN Drs. Ahmad Zaky Siradj M.Si mengungkapkan, keberadaan Gedung IKALUIN sudah mulai direncanakan para pengurus sejak hampir lima tahun lalu. Beberapa alumnus juga mulai memberikan sumbangan bagi pembiayaan gedung.

“Dan, Alhamdulillah, hari ini rencana tersebut bisa kita realisasikan. Ini impian yang jadi kenyataan. Mudah-mudahan diberi kelancaran selama pembangunannya,” katanya.

Zaky menuturkan, banyak harapan yang tersemat di balik rencana pembangunan Gedung IKALUIN. Salahsatunya, Gedung IKALUIN menjadi salah satu pusat para alumnus dalam mengontribusikan karya keilmuannya. “Alumni UIN Jakarta harus mampu men-jariyahkan ilmunya bagi ummat,” tegasnya.

Untuk itu, tuturnya, Gedung IKALUIN nantinya didesain dengan ruang yang menyimpan koleksi karya keilmuan dan pengabdian masyarakat para alumni. Ruang ini nantinya menjadi ruang perpustakaan yang merekam jejak kontribusi keilmuan alumni sekaligus bisa bisa diakses publik yang tertarik.

Lainnya, keberadaan Gedung IKALUIN nantinya bisa dimanfaatkan sebagai salah satu pusat penggerak tradisi ilmiah Ciputat dengan berbagai gelaran diskusi dan seminar ilmiah para alumni lintas keilmuan, profesi, dan pengabdian sosial. “Kita ingin adakan semacam public lecture para alumni atas berbagai isu sosial yang berkembang,” tambahnya.

Sebagai lembaga yang menghimpun para alumni, lanjut Zaky, keberadaan Gedung IKALUIN juga diharap bisa memaksimalkan kontribusi IKALUIN dalam menopang pengembangan kelembagaan UIN Jakarta ke depan. Menurutnya, UIN Jakarta ke depan membutuhkan dukungan dari banyak pihak, terutama para alumni yang berkiprah di berbagai ranah profesi pengabdian.

Sementara itu, Rektor berharap pembangunan gedung IKALUIN bisa mengokohkan peran UIN Jakarta sebagai pusat pengembagan moderasi beragama, integrasi keilmuan, dan pengembangan pendidikan Islam.

“Pembangunan gedung IKALUIN sangat strategis, terutama dalam upaya membantu pengembangan pendidikan Islam di UIN Jakarta sebagai kampus pembaharu,” tandasnya. (ist)


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *