Connect with us

Tangerang Selatan

Himpunan Ekonomi dan Bisnis Pondok Pesantren di Tangsel Resmi Dilaunching

Launching Himpunan Ekonomi dan Bisnis Pondok Pesantren di Tangsel

Kasi Pakis Kemenag Tangsel, Muhammad Edi Suharsongko, mewakili Kepala Kantor Kemenag Tangsel, menghadiri acara Launching Himpunan Ekonomi dan Bisnis Pondok Pesantren (Hebitren) di Tangsel, Senin (20/12/2021) yang diselenggarakan di Mall Teras Kota, Serpong, Tangsel.

Acara tersebut mengundang Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan, Ketua DPP Hebitren, KH. Hasib Wahab Hasbullah, Sekjen DPP Hebitren, KH. Reza Pahlevi, Ketua Korwil Hebitren Banten KH. Ali Suudi, Ketua Korda Banten, KH. Hasan Basri, Kabag Kesra Pemkot Tangsel, Heli Slamet, Ketum Team Fasilitasi CSR Tangsel, Lista Hurustiati, Pimpinan Pontren Ummul Qurro, KH. Syarif Rahmat, dan Pimpinan Pontren se-Kota Tangsel

Dalam sambutannya Kasi Pakis menyampaikan tentang regulasi penguatan kemandirian ekonomi Pontren yang tertuang di dalam Undang-undang Nomor 18 Tahun 2019 Pasal 18 tentang Pemberdayaan Ekonomi Pontren dan PP. 82 tahun 2021 tentang Pendanaan Pontren.

Advertisement

“Regulasi tersebut memberikan dasar penguatan peran serta Pontren dalam ekonomi Nasional Indonesia. Pontren memiliki fungsi: pendidikan, dakwah dan pemberdayaan ekonomi masyarakat,” paparnya.

Ditambahkannya, dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat ini Menteri Agama telah mencanangkan peta jalan kemandirian Pontren secara Nasional.

Dengan pemberdayaan ekonomi Pontren, maka selain Pontren akan dapat mencukupi kebutuhannya sendiri dan berupaya menghidupkan ekonomi bagi masyarakat sekitarnya,” sambungnya.

Melalui Hebitren ini, lanjutnya, dapat dibangun kerjasama Pontren di Kota Tangsel dengan berbagai macam pihak, seperti Kemenag, Perbankan, CSR Tangsel, Pemkot Tangsel, bahkan dengan pelaku ekonomi lainya.

Advertisement

“Hal ini tentunya untuk mendorong ekonomi kreatif di Pontren agar mandiri secara ekonomi, baik pada ketahanan ekonomi Pontren maupun pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat sekitarnya,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Team fasilitasi CSR Tangsel, Lista Huruastiati, menyatakan siap mendukung upaya Hebitren dalam melakukan MoU kepada pelaku ekomomi di Kota Tangsel.

“Insya Allah kami siap memfasilitasi program-program Hebitren Tangsel dalam mendotong kegiatan ekonomi Pontren di Kota Tangsel,” pungkasnya. (afm/fid)

Advertisement

Populer