Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 Digelar di ICE BSD

By on Jumat, 15 September 2017

Kabartangsel.com – Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 di ICE BSD City, Kamis (14/9/2017), resmi dibuka oleh Menteri Dalam Indonesia (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang didampingi oleh Direktur Jenderal Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Repubik Indonesia Eko Subowo, Ketua Umum Real Estat Indonesia (REI) Soeleman Soemawinata, Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Airin Rachmi Diany, serta perwakilan dari Kompas Gramedia Daswar Marpaung. Acara Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 akan berlangsung hingga 24 September 2017. Ajang pameran dan seminar seputar pengembangan wilayah perkotaan tersebut digagas oleh Kompas Gramedia dengan Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC) yang kemudian merangkul Apeksi dan REI.

Dari berlangsungnya acara ini, Mendagri Tjahjo Kumolo berharap pemerintah daerah bisa punya komunikasi yang lebih baik dengan pemerintah pusat dan swasta untuk menjadikan sinkronisasi kebijakan berjalan lebih efektif.

“Bagaimanapun, percepatan pembangunan hanya bisa dilakukan kalau perijinan yang berhubungan dengan pembangunan infrastruktur perkotaan dapat diperpendek,” kata Tjahjo.

Di tempat yang sama, ketua REI, Menurut Sulaiman Sumawinata mengatakan acara Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 ini dihadiri sekitar 800 anggota REI.

“Antusiasme tinggi anggota REI dalam acara ini adalah salah satu bentuk nyata mereka dalam memenuhi komitmennya untuk mendukung program pemerintah dalam menyediakan 450.000 rumah baru untuk masyarakat berpenghasilan rendah,” kata Sulaiman.

Sementara itu, Ketua Apeksi, Airin Rachmi Diany, mengungkapkan acara Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 sangat penting bagi pemerintah kota-kota di Indonesia. Airin Rachmy Diani juga berpendapat bahwa acara ini dapat menjadi solusi bagi persoalan perumahan.

“Berlangsungnya pameran dan seminar ini penting bagi pemerintah kota untuk mencari jalan keluar apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah perkotaan dan pemukiman,” ujar Airin yang juga saat ini menjabat sebagai Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) itu. (*/fid)