Connect with us

Tangerang Selatan

Jemaah Haji KBIHU Darul Hikmah Pamulang Membayar Dam

Jemaah Haji KBIHU Darul Hikmah Pamulang Membayar Dam

Disela-sela kegiatan melaksanakan shalat 5 waktu di Kota Mekah, jemaah haji KBIHU Darul Hikmah Pamulang yang tergabung dalam Kloter 12 JKG, berkunjung ke tempat pemotongan hewan bernama Kilo Asyarah, untuk menyaksikan pemotongan hewan kurban sebagai dam (denda), pada Rabu (22/06/2022).

Dam atau denda berupa seekor kambing harus ditunaikan karena jamaah haji Indonesia umumnya melaksanakan Haji Tamatu‘, yaitu melaksanakan umrah pada musim haji sebelum melaksanakan haji.

Pimpinan KBIHU Darul Hikmah, Sri Uswati, mengatakan sebenarnya membeli dan menyaksikan sendiri pemotongan hewan dam bukan keharusan. Ada cara yang lebih praktis. Pemerintah Saudi sudah menunjuk di antaranya Bank Al-Rajhi sebagai perwakilan. Jemaah haji tinggal mentranfer uang pembelian kambing ke bank al Rajhi dan pemotongan hewan dam dilakukan oleh Pemerintah Saudi.

Advertisement

“Namun kami memilih untuk membeli dan menyaksikan sendiri pemotongan hewan dam. Kambing-kambing dam yang akan disembelih telah dibeli oleh perwakilan kami di Mekkah, jemaah tinggal menyaksikan pemotongan saja,” ungkap Sri Uswati.

Sri menambahkan tukang jagal orang Arab itu melakukan penyembelihan begitu cepat. Setiap nama jemaah haji sebutkan namanya langsung disembelih, tidak sampai dua detik untuk menyembelih seekor kambing.

“Kalau di Indonesia untuk menyembelih kambing saat hari raya Idul Adha, kambingnya harus diikat kakinya terlebih dahulu, digulingkan, baru disembelih. Nah, di sini keempat kakinya cukup dipegang, lalu diletakkan di lantai dan cress! Pisau yang sangat tajam begitu cepat menyembelih lehernya,” tuturnya.

Dirinya memohon doa agar seluruh jemaah haji khususnya asal Kota Tangsel selalu diberi kesehatan dan kemudahan dalam melaksanakan ibadah haji hingga selesai dan kembali ke tanah air. (afm/fid)

Advertisement

Populer