Connect with us

Tips

Jenis-Jenis Servis Mobil dan Komponen yang Dicek

Servis merupakan bentuk perawatan yang harus dilakukan untuk memastikan mobil selalu dalam keadaan baik. Selain itu, servis mobil dilakukan apabila kendaraan Anda sedang bermasalah sehingga membutuhkan perbaikan. Sebagai pemilik mobil, jangan sampai Anda tidak pernah melakukan servis sama sekali atau tidak tau apa-apa soal ini. Jika belum pernah atau tidak tahu sama sekali tentang servis mobil, silakan baca artikel ini sampai selesai. Sebelumnya, Anda yang sedang mencari produk asuransi kendaraan terbaik yang memberikan servis menyeluruh, bisa memilih asuransi Sinar Mas. Sebab, servis yang diberikan dapat dilakukan di bengkel-bengkel resmi seperti bengkel yang menjadi rekanan asuransi Sinar Mas.

Servis merupakan bentuk perawatan yang harus dilakukan untuk memastikan mobil selalu dalam keadaan baik. Selain itu, servis mobil dilakukan apabila kendaraan Anda sedang bermasalah sehingga membutuhkan perbaikan.

Sebagai pemilik mobil, jangan sampai Anda tidak pernah melakukan servis sama sekali atau tidak tau apa-apa soal ini. Jika belum pernah atau tidak tahu sama sekali tentang servis mobil, silakan baca artikel ini sampai selesai.

Sebelumnya, Anda yang sedang mencari produk asuransi kendaraan terbaik yang memberikan servis menyeluruh, bisa memilih asuransi Sinar Mas. Sebab, servis yang diberikan dapat dilakukan di bengkel-bengkel resmi seperti bengkel yang menjadi rekanan asuransi Sinar Mas.

Advertisement

Jenis-Jenis Servis Mobil

Servis mobil ini ada banyak sekali jenis-jenisnya yang dibagi berdasarkan sejauh mana mobil tersebut sudah digunakan dan komponen apa saja yang diperbaiki.

Langsung saja berikut ini macam-macam servis mobil yang harus Anda ketahui:

Servis Berkala

Sesuai dengan namanya, servis ini dilakukan secara berkala alias dalam kurun waktu tertentu. Pemilik mobil harus mengikuti jadwal servis dari bengkel resmi dan tidak boleh terlambat.

Dan biasanya service yang seperti ini mensyaratkan buku servis mobil sehingga buku tersebut jangan sampai hilang. Tanpa buku tersebut, pihak bengkel tidak mau memperbaiki mobil Anda.

Advertisement

Servis mobil berkala masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis berdasarkan sejauh mana mobil tersebut sudah digunakan. Apa saja?

Servis 1000 KM

Jika mobil Anda sudah menempuh jarak sekitar 1000 kilometer, maka harus diservice. Ada beberapa bagian mobil yang dicek antara lain yaitu oli, minyak rem, air radiator, kopling, sistem kemudi, tekanan angin, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tak hanya itu saja, pihak bengkel juga akan melakukan pembersihan dan pengecekan komponen-komponen mesin. Pembersihan filter udara juga dilakukan pada tahap pertama servis ini.

Servis 5000 KM

Sesudah menempuh jarak 5000 kilometer, mobil Anda harus diservice kembali sebab pasti ada bagian yang harus diperbaiki karena mobil sudah dipakai dalam jarak yang cukup jauh.

Advertisement

Beberapa komponen mobil harus diganti supaya bisa bekerja secara lebih optimal. Jika mobil digunakan secara rutin, mobil menempuh jarak 5000 km dalam waktu 3-4 bulan.

Adapun beberapa komponen yang diganti antara lain yaitu  kampas rem, filter oli, dan sistem steering.

Servis 10.000 KM

Pada servis ini, tentu saja semakin banyak komponen yang harus diperbaiki. Pihak bengkel akan melakukan beberapa hal yaitu pembersihan dan pengecekan komponen-komponen penting seperti oli transmisi, minyak rem, oli power steering, air radiator, aki, sistem kemudi, tekanan angin, dan beberapa bagian yang lainnya.

Selain itu, jika terjadi kebocoran montir akan langsung memperbaikinya saat itu juga. Bahkan menjadi perhatian karena sangat jarang terjadi kasus seperti itu dalam servis 10.000 kilometer.

Advertisement

Servis 15000 KM

Pada servis 15.000 kilometer, ada berbagai hal yang dilakukan oleh montir untuk memastikan mobil Anda dalam keadaan baik dan layak digunakan.

Adapun tindakan-tindakan yang dilakukan antara lain yaitu mengganti oli mesin, pemeriksaan fluida dan minyak-minyak, air radiator, suspensi,  pengecekan baut kolong mobil, dan lain sebagainya.

Service Tune Up

Service tune up merupakan salah satau jenis service mobil yang menyetel ulang semua komponen sehingga proses pengerjaannya menjadi lebih lama. Namun service tune up ini tidak sesering servis berkala.

Montir akan memeriksa bagaimana kondisi suku cadang mobil Anda, apabila ada yang harus diganti maka montir akan menggantinya dengan yang baru. Beberapa suku cadang yang diperiksa yaitu oli, aki, filter, dan fan belt.

Advertisement

Tips Melakukan Servis Mobil

Dalam melakukan servis mobil, Anda juga harus berhati-hati. Karena bisa saja, pihak bengkel sengaja mengganti komponen padahal kondisinya masih bagus dan dalam keadaan yang baik-baik saja.

Sehingga Anda perlu memiliki sedikit pengetahuan tentang mobil dan bagian-bagiannya sehingga tidak mudah tertentu. Tak cukup sampai di situ, servis juga harus dilakukan di bengkel-bengkel resmi seperti bengkel rekanan.

Dijamin, mobil Anda hanya diperbaiki oleh orang-orang ahli dan berpengalaman di bidang otomotif. Suku cadang dijamin ori dan ada garansi pengembalian uang apabila servis gagal dilakukan.

Demikian pembahasan lengkap mengenai jenis-jenis servis mobil. Jangan lupa untuk servis mobil Anda secara berkala ya. (red/fid)

Advertisement

Populer