Connect with us

Nasional

Kepala KKHI Madinah: Jangan Takut Minum untuk Cegah Dehidrasi 

Klinik kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah telah melayani 26 pasien sejak 11-13 Mei 2024. Rinciannya, 13 kunjungan pasien ke Instalasi Gawat Darurat (IGD), 7 kunjungan pasien ke poliklinik, dan 6 pasien rawat inap.

Pasien pertama yang datang untuk mendapatkan layanan kesehatan adalah pekerja di KKHI Madinah dengan keluhan sesak nafas sehingga harus mendapatkan perawatan di Ruang High Care Unit (HCU). Pasien berikutnya adalah jemaah haji dari kloter Batam Hang Nadim (BTH) 10 yang sempat dirawat di Ruang HCU tetapi kemudian dirujuk ke rumah sakit Arab Saudi (RSAS) karena mengalami penurunan kesadaran dan perburukan.

“Pasien tidak mengalami kritis hipertensi karena tekanan darah hanya 150. Penyebabnya, menahan pipis, kemudian jadi darah tinggi. Karena menahan nyeri juga ada kecenderungan ke arah pembengkakan prostat dan itu perlu penanganan lebih lanjut karena di sini hanya bisa dibantu untuk dipasang kateter urine,” kata penanggung jawab medis dr. Adhita Kartyanto, Sp. PD.

Untuk itu, dr. Adhita mengingatkan para jemaah haji untuk mencegah dehidrasi selama di Arab Saudi. “Lebih baik mencegah dehidrasi, dan jangan takut untuk minum, karena buang air kecil adalah penanda bahwa kita tidak dehidrasi, minum air setiap satu jam sebanyak 200 ml, atau satu gelas,” kata dia.

Advertisement

dr. Adhita menambahkan, masyarakat tidak perlu menghindari minum karena takut buang air kecil karena ada banyak toilet di tanah suci. “Karena toilet ada di mana-mana sehingga memudahkan jika ingin buang air kecil,” kata dr. Adhitia.

Menurut Kepala KKHI Madinah dr. Karmidjono, banyak jemaah haji yang enggan minum air putih selama perjalanan dari Indonesia ke Arab Saudi. Selain itu, banyak jemaah haji yang menahan buang air kecil karena tidak tahu cara penggunaan toilet di pesawat.

Karena itu, dr. Karmidjono mengatakan, perlu keterlibatan petugas atau ketua rombongan untuk mengingatkan jemaah haji untuk selalu minum air putih saat penerbangan dan membantu jemaah haji jika tidak mengetahui cara menggunakan toilet di pesawat. “Karena banyak dari jamaah yang baru pertama kali menggunakan pesawat dan dengan waktu yang lama,” kata dia.

Advertisement
Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer