Connect with us

Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kembali  meraih plakat Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Direktorat Jendral Perhubungan Darat Republik Indonesia Tahun 2016. Sebelumnya, Pemerintah Kota Tangsel juga mendapatkan penghargaan serupa pada tahun 2014 dan tahun 2015 yang lalu. Penghargaan WTN merupakan merupakan penghargaan kepada pemerintah daerah yang mampu menata dan meningkatkan kinerja sistem transportasi perkotaan sehingga tercipta lalu lintas dan angkutan kota yang tertib, lancar, selamat, aman, efisien, berkelanjutan dan menjamin kesetaraan.

Wakil walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan penilaian posisitif dari Dirjen Perhubungan Darat melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangsel. Benyamin menjelaskan, capaian itu bukan akhir dari segala-segalanya melainkan seluruh pihak terkait harus termotivasi demi meraih ke tingkat yang lebih tinggi.

“Harus termotivasi agar ada peningkatan. Kita harapkan tahun depan sudah bisa mendapat piala Wahana Tata Nugraha (WTN),” harap Benyamin selepas menerima plakat WTN pada acara ‘Penyerahan Penghargaan Bidang Perhubungan Darat Tahun 2016’ yang bertempat di Merlynn Park Hotel, Jakarta, Senin, (31/1/2017).

Advertisement

Pada penghargaan WTN tersebut, Kemenhub Direktorat Jendral Perhubungan Darat RI memberikan plakat WTN kepada 57 kota. Kota Tangsel mendapatkan plakat WTN untuk kategori raya, sedangkan untuk kategori kota besar diraih Serang, Banjar, dan Banjarnegara. Sementara kategori kota sedang diantaranya Tanjung Pinang, Lubung Linggau, Pangkal Pinang, Liwa, Cilegon, Cibinong, ngamprah, Garut, Purwakarta, Bima, Praya, Buntok, Sampit, Taliwang, dan Woha. Selanjutnya Sanggata, Malili, Palopo, Kupang, Atambua, dan Baa Rote. Terakhir untuk kategori kota kecil yang memeroleh plakat antara lain Sidikalang (Dairi), Rantau Prapat, Aek Kanopan, Raya (Simalungun), Dolok Sanggul, Tarutung, Padang Aro, Teluk Kuantan, dan Bagan Siapiapi.

Selain itu, Kemenhub Direktorat Jendral Perhubungan Darat RI juga memberikan penghargaan Piala WTN kategori Lalu Lintas kepada 114 kota, Piala WTN kategori Angkutan sebanyak 5 kota, Piala WTN 47 kota, Piala WTN Kencana 2 kota, dan Piala WTN Wiratama untuk 11 provinsi.  Kemudian, penghargaan kepada Perusahaan Angkutan Umum Orang AntarKota AntarProvinsi (AKAP) dan Angkutan Pariwisata Terbaik diberikan kepada perusahaan yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. (fid)

Advertisement

Populer