KKMI Ciputat Timur, Tangsel, Gelar PRAKACIPTA

By on Jumat, 15 November 2019
KKMI Ciputat Timur, Tangsel, Gelar PRAKACIPTA

CIPTIM (Kabartangsel.com) – Gerakan Pramuka KKMI Ciputat Timur (Ciptim) pada Rabu (13/11/2019) menggelar kegiatan lomba Pramuka KKMI Ciputat Timur Tangguh atau disingkat PRAKACIPTA, yang dilaksanakan di MI. Nurun Najah 1 Pondok Ranji Ciptim. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang pertama kalinya diadakan oleh KKMI Ciptim.

Hadir pada acara pembukaan, Kasi Penmad Kemenag Tangsel, Suhardi, Pengawas Madrasah kecamatan Ciptim, Tepuri Ali, Ka. Kwaran atau Sekcam Kecamatan Ciptim, Mukroni, dan para peserta.

Dalam sambutannya, Kasi Penmad, Suhardi, menyambut baik diadakannya kegiatan tersebut, terlebih baru pertama kali diadakan oleh KKMI.

“Atas nama kantor Kementerian Agama Kota Tangsel, saya mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya kegiatan Prakacipta ini. Ini membuktikan bahwa madrasah mampu menyelenggarakan kegiatan-kegiatan dalam rangka melatih para siswa meningkatkan kreativitasnya,” tuturnya.

Menurutnya, kegiatan pramuka adalah adalah salah satu media pendidikan yang berbasis pada pengoptimalan otak kanan, di mana siswa dilatih untuk berinteraksi, berkomunikasi, kreatif, dan berafiliasi dengan teman-teman lainnya.

“Di sinilah kemampuan sosial siswa dibangun, sehingga mampu mewujudkan salah satu pilar pendidikan yaitu membekali siswa untuk dapat life together, hidup bersama dengan damai dan harmonis,” tandasnya.

Suhardi meyakini jika kegiatan-kegiatan seperti Prakacipta terus dikembangkan, maka ke depan siswa madrasah akan mampu bersaing bahkan melebihi siswa sekolah umum.

“Madrasah hebat bermartabat,” tegasnya.

Dalam nada yang sama, pengawas madrasah kecamatan Ciptim, Tepuri Ali, menegaskan pentingnya membekali siswa untuk memiliki prilaku yang mencerminkan sikap sehat jasmani dan rohani melalui kegiatan intra kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, baik melalui kegiatan olahraga, seni, kepramukaan, UKS, dan keagamaan, serta lomba-lomba yang terkait dengan kesehatan jasmani dan rohani.

“Kegiatan Prakacipta ini adalah salah satu kegiatan yang melatih mental yang kuat. Melalui Pramuka, siswa dibekali dengan sikap mental yang tangguh seperti disiplin, berani, loyal, bertanggung jawab dan sifat-sifat lainnya,” ujarnya.

Sikap mental ini, tambahnya, mungkin tidak ditemui dalam proses pembelajaran formal. Sebuah kenyataan bahwa ada siswa yang cerdas dan pandai, namun menjadi sosok yang penakut, tertutup, sulit bergaul dan sebagainya.

“Di sini Pramuka menjadi salah satu solusi untuk mengatasi persoalan mentalitas siswa tersebut,” imbuhnya.

Kegiatan Prakacipta KKMI Ciptim ini diikuti oleh 320 peserta dari 12 madrasah, dengan mempertandingkan lima macam lomba, yaitu lomba PUPK, Semaphore, Kim cium, Tandu, dan Yel-yel pangkalan. Dan keluar sebagai juara umum yaitu MI. Nurul Islam. (#af_m)