Connect with us

Hukum

Korlantas Polri Tinjau Jalur Mudik Lebaran di Pelabuhan

Kabagops Korlantas Polri, Kombes. Pol. Eddy Djunaedi menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan peninjauan jalur mudik Lebaran di sejumlah pelabuhan besar di Indonesia. Hal tersebut berdasarkan perintah Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si

“Korlantas sudah melakukan peninjauan dan sudah mendapatkan pemaparan dari stakeholder terkait dengan kesiapan yang ada di pelabuhan,” jelas Kombes. Pol. Eddy, Sabtu (16/4/2022).

Ia menjelaskan bahwa persiapan yang dilakukan di pelabuhan mulai dari mengutamakan bongkar kapal terlebih dahulu. Sehingga nantinya, kendaraan yang hendak masuk juga diharapkan tidak menunggu di dekat lokasi kendaraan keluar kapal.

Advertisement

Tidak hanya itu, tempat atau kantong-kantong parkir kendaraan yang akan mengantre masuk ke pelabuhan juga sudah dipersiapkan. Termasuk rute keluar dan masuk pelabuhan.

“Yang dipersiapkan tentunya bagaimana arus masuk dan keluar pelabuhan semuanya harus bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Sebelumnya, Kapolri meminta jajarannya melakukan antisipasi dan strategi di titik-titik penyeberangan seperti Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk.

Kapolri menjelaskan, segala upaya dan antisipasi harus dilakukan dengan bersinergi bersama seluruh lintas stakeholder terkait lainnya. Sehingga, masyarakat dapat lebih aman dan nyaman saat menjalani mudik.

Advertisement

“Bagaimana sinergitas mengisi ruang-ruang sesuai tugas pokok masing-masing. Sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan masyarakat yang akan mudik. Namun mereka tetap sehat dan masalah bisa teratasi,” pungkas Jenderal Bintang Empat itu. (dhp/red)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer