Connect with us

Tangerang Selatan

Kuota Haji Dipangkas 50 Persen, Jemaah Asal Tangsel Hanya 650 Orang

Kuota Haji Dipangkas 50 Persen, Jemaah Asal Tangsel Hanya 650 orang

Kuota jemaah haji asal Kota Tangsel pada tahun 2022 hanya 650 orang. Normalnya 1.227, namun karena kebijakan Arab Saudi maka ada pemangkasan sebesar 50 persen.

Hal itu diungkapkan oleh Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kota Tangsel, M. Bahtera Yudha, sesuai dengan kebijakan pemerintah Arab Saudi seperti yang disampaikan oleh Direktorat Jenderal PHU Kementerian Agama bahwa kuota haji Indonesia sebanyak 100.051 orang di tahun 2022.

“Kuota haji di tahun 1443 H / 2022 berkurang 50 persen, misalnya saja di Tangsel pada tahun-tahun sebelumnya mencapai 1.227 orang, tapi karena kuota berkurang 50 persen maka harus disesuaikan, dan jumlah untuk Tangsel sebanyak 650 orang,” jelasnya.

Advertisement

Disampaikannya, para calon jemaah diverifikasi berdasarkan usia di bawah 65 tahun per Juli 2022, atau batas lahir pada 30 Juni 1957. Kebijakan ini menyusul akibat Pandemi Covid-19. Dalam mempersiapkan keberangkatan nanti juga ada persyaratan yang harus dilengkapi.

“Seperti sudah menerima vaksinasi sesuai dengan persyaratan yang diberlakukan untuk pemerintah di sana. Para jemaah juga diharapkan melakukan konfirmasi keberangkatan mulai 9 hingga 20 Mei tempat mendaftar haji. Dan untuk nama-nama yang dijadwalkan berangkat di Tangsel sudah keluar,” tambahnya.

Mengingat jemaah telah menanti sejak lama, sampai tertunda akibat Covid-19, keberangkatan tahun ini menjadi kebahagiaan bagi para calon jemaah haji untuk beribadah di tanah suci Mekkah.

“Semoga prosesnya berjalan lancar, mulai dari pemberangkatan, selama di tanah suci hingga kembali ke tanah suci. Bagi yang berusia di atas 65 tahun akan mendapatkan prioritas pada tahun depan,” tutupnya. (afm/fid)

Advertisement

Populer