Connect with us

Jabodetabek

Mahasiswa UNPAM Program Studi Magister Akuntansi Berikan Pelatihan Perencanaan Keuangan Keluarga kepada Kelompok PKK

Alokasi keuangan keluarga saat ini harus dapat disiasati sedemikian rupa, terkait dengan kondisi ekonomi baik secara khusus yang ada di rumah tangga maupun secara global. Hal ini tentunya akan berpengaruh kepada beberapa hal yang berhubungan dengan tingkat kesehatan keuangan keluarga, dimana di awali dengan kesehatan keuangan keluarga maka akan melahirkan sehatnya ekonomi negara. Karena ketika sebuah keluarga mampu secara ekonomi maka akan mencerminkan keberhasilan penghuni keluarga tersebut dalam hal mendapatkan maupun mengelola benda ekonomi yang ada.

Dalam rangka implementasi keilmuan dan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, pada pertengahan bulan Juni 2022 kemarin, para mahasiswa Universitas Pamulang (UNPAM) Program Studi Magister Akuntansi bekerjasama dengan Gerakan PKK desa Iwul-Parung Bogor menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) melalui pelatihan mengenai perencanaan keuangan keluarga dengan tema Penerapan Ilmu Akuntansi Dalam Rangka Pelatihan Perencanaan Keuangan Keluarga untuk kelompok PKK Desa Iwul-Parung Bogor.

Kegiatan ini di hadiri oleh perangkat desa Iwul seperti kepala Desa beserta jajarannya, dan pengurus dari PKK beserta peserta pelatihan. Dalam kegiatan ini, kelompok mahasiswa Magister Akuntasi Universitas Pamulang yang terdiri dari : Lindawati, S.E., M.M., Suhail Guntara, S.Ak., Wulandari C. Putri, S.E., M.M., dan Siti Ratna Sari Dewi, S.E., M.M. CAP.

Dalam penyampaian materi yang di sampaikan oleh  Siti Ratna Sari Dewi, S.E., M.M. CAP., bahwa keuangan keluarga yang dikelola oleh mentri keuangan keluarga yang dalam hal ini adalah seorang Ibu, tentunya akan lebih efektif dan efisien apabila dilakukan pencatatn secara rutin dan terencana. Hal ini pun akan menjadi monitoring dalam pengaturan keuangan jangka pendek maupun jangka Panjang, sehingga untuk pengelolaan keuangan dapat lebih terarah dan disesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing keluarga. Menyiasati kondisi pasca pandemic dengan lebih bijak, sehingga tidak terjadi keterpurukan secara ekonomi dalam keluarga.

Advertisement

Kegiatan inipun didampingi oleh salah satu dosen dari program studi Magister Akuntansi yaitu Dr. H. Suripto, S.E., M.Akt. dimana dalam sambutannya beliau pun berpesan agar kerjasama yang terjalin tidak hanya berhenti pada satu kegiatan, masing-masing pihak tentunya menginginkan kontribusi yang maksimal sehingga mendapat hasil yang maksimal pula, awalnya dimulai dari lingkup kecil pada lingkungan keluarga, diharapkan nantinya akan membawa keberkahan bagi lingkungan sekitar.

Pada intinya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi kedua belah pihak, sehingga tujuan utama dari kegiatan PMKM ini dapat tercapai. (red)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer