Connect with us

Nasional

Mahasiswa UT Raih Medali pada POMNas XVII 2022

Semarak Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVII yang diselanggarakan di Provinsi Sumatra Barat (SUMBAR) resmi berakhir. Kegiatan yang dilaksanakan dua tahun sekali ini resmi ditutup oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pada Sabtu, 26 November 2022 di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Kota Padang, Sumatra Barat.

Acara penutupan ini dihadiri langsung oleh Prof. Dr. Zainudin Amali, SE., M.Si. selaku Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, H. Mahyeldi Ansharullah, S.P. Gubernur Provinsi Sumatra Barat, Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd., Ph.D. Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Dr. Ahmad, S.E., M.Si. Rektor Universitas Lambung Mangkurat, H. Irsyad Syafar, Lc. M.Ed. Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatra Barat, Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed. Direktur Sumber Daya Dirjen Dikti dan jajaran pimpinan lain yang hadir pada acara penutupan POMNas XVII.

Acara diawali dengan pembacaan doa oleh Syahrul Ismed, S.Ag. M.Pd. Kemudian acara dilanjutkan dengan laporan pelaksanaan POMNas XVII 2022 dan sambutan oleh Prof. Ganefri. Beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada Kemendikbudristek, Kemenpora, pengurus pusat induk organisasi 14 Cabang Olahraga, Pemprov Sumbar, UNP, UNAND, Akademi Teknologi Industri Padang, panitia, juri dan wasit yang sudah berkontribusi pada gelaran POMNas XVII ini. Terdapat 14 Cabang Olahraga, 3500 Atlet, 5000 official yang berasal dari 408 perguruan tinggi di 34 Provinsi Indonesia. “Terlaksananya POMNas XVII ini sebagai simbol kebangkitan olahraga di Provinsi Sumatra Barat dan merupakan gerbang untuk melaksanakan event yang lebih besar lagi” ujarnya. Sebagai tuan rumah POMNas ini beliau mengharapkan bisa memperoleh Tri Sukses yaitu, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan sukses menarik minat investasi untuk daerah Prov. Sumbar. “sekali lagi, kami menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang telas mesukseskan event POMNas XVII ini.” tutupnya.

Advertisement

Kemudian, Sekjen Kemendikbudristek Ir. Suharti M.A., Ph.D secara daring memberikan sambutannya. Dalam sambutannya beliau mengatakan dengan dilaksanakannya POMNas ini merupakan momentum bagi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Karena itu POMNas merupakan ajang untuk menjaring talenta unggul di Indonesia pada bidang olahraga yang melombakan 166 Nomor dari 14 Cabang Olahraga. “Semoga dengan dilaksanakannya ajang ini kita dapat menemukan atlet-atlet professional yang dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.” Ujarnya. Beliau menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Sumbar karena atas kerja keras dan commit-nya pada POMNas XVII dapat dilaksanakan dengan baik. “Semoga dengan adanya kegiatan ini, tidak hanya pada bidang olahraga saja yang makin maju tetapi perekonomian di Sumbar semakin meningkat”. Beliau berharap olahraga prestasi Indonesia semakin berjaya.

Selanjutnya, Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi Ansharullah, S.P., turut menyampaikan sambutannya. Beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada menteri karena dengan ditetapkannya Prov. Sumbar ini terutama UNP sebagai bagian dari Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Dengan adanya kegiatan POMNas menjadi bagian dalam rangka penguatan DBON untuk Prov. Sumbar yang dapat memberikan efek positif kepada mahasiswa, pemuda, dan generasi-generasi di Prov. Sumbar. Beliau menghimbau bahwa prestasi olahraga bagi mahasiswa merupakan hal penting yang harus dicapai, oleh karena itu mahasiswa memiliki dua keunggulan yaitu, usia emas (golden age) untuk berprestasi secara optimal pada berbagai macam prestasi dan memiliki nalar yang tinggi sehingga diharapkan akan mampu memecahkan permasalahan dengan cepat dan akurat. “Selamat kepada para pemenang POMNas, semoga dapat meningkatkan prestasinya untuk menghadirkan prestasi yang terbaik bagi bangsa dan negara.” tutupnya.

Berikutnya, sambutan diakhiri dengan sambutan oleh Menpora RI Zainudin Amali. Beliau menyampaikan bahwa tidak mudah menyelenggarakan event olahraga seperti POMNas, tetapi jika mempersiapkannya dengan sebaik-baiknya dapat dilaksanakan dengan lancar. Beliau menekankan bahwa sport industry merupakan suatu hal yang sudah menjadi penting di berbagai Negara. Menpora Amali mengatakan, POMNas yang ditempatkan oleh BAPOMI pada sela-sela Pekan Olahraga Nasional (PON) ini merupakan pilihan yang tepat, karena PON dilaksanakan empat tahun sekali. Mulai tahun 2024 PON akan dilaksanakan di dua tempat yaitu Aceh dan Sumatra Utara (SUMUT). “Indonesia bisa menghasilkan atlet elite nasional itu dengan dibutuhkan waktu 10.000 jam atau setara dengan 10 tahun, mereka yang direkrut pada tahun 2022 ini akan diproyeksikan menjadi atlet elite internasional pada saat olimpiade Brisbane, Australia pada tahun 2032.” Ujarnya. Beliau berharap olahraga di Indonesia makin maju karena target dalam DBON makin baik menuju Indonesia Emas pada tahun 2045 untuk mendapatkan peringkat 10 dunia, dengan adanya POMNas ini dapat berkontribusi dalam pencapaian target tersebut. “Selamat kepada Prov. Sumbar dengan memperoleh dua sukses yaitu sukses penyelenggaran dan sukses prestasinya.” Ungkapnya. “Dengan syukur alhamdulillah Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional XVII di Provinsi Sumbar dengan resmi saya nyatakan ditutup.” Tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bendera Bapomi kepada Tuan Rumah POMNas XVIII yang akan dilaksanakan di Kalimantan Selatan (Kalsel), Kota Banjarmasin pada Tahun 2023. Kontingen DKI Jakarta menjadi juara umum POMNas XVII 2022 dengan perolehan medali (47 medali emas, 25 medali perak, 30 medali perunggu). Peringkat kedua, ketiga, dan keempat dimiliki oleh Jawa Tengah (22 medali emas, 15 medali perak, 31 medali perunggu), Jawa Timur (15 medali emas, 28 medali perak, 16 medali perunggu) dan Jawa Barat (12 medali emas, 20 medali perak, 22 medali perunggu), peringkat kelima diduduki oleh tuan rumah yaitu Sumatra Barat dengan perolehan medali (9 medali emas, 4 medali perak, dan 13 medali perunggu). Selanjutnya, acara ditutup oleh persembahan tari kreasi dari Universitas Negeri Padang. Adapun mahasiswa Universitas Terbuka (UT) yang pada ajang POMNas XVII ini mendapatkan perolehan medali sebagai berikut.

Advertisement
No. Nama Mahasiswa/NIM Program Studi UPBJJ-UT Capaian Prestasi
1. Ahmad Ambali Sukur

NIM. 044974422

Ilmu Hukum (S1) Pangkalpinang Juara 2 (Medali Perak) Kategori Lompat Jauh Putra Cabang Olahraga Atletik
2 Ade Sundari

NIM. 044442285

Ilmu Hukum (S1) Pangkalpinang Juara 3 (Medali Perunggu) Kategori Lompat Tinggi Cabang Olahraga Atletik
3. David Rengga Dwi Pangestu

NIM. 042741919

Ilmu Administrasi Negara (S1) Malang Juara 2 (Medali Perak) Kategori Seni Gerak Putra Berpasangan dan Seni Gerak Putra Beregu Tiga Orang Cabang Olahraga Tarung Derajat
4. M. Alfat Yuda
Advertisement

NIM. 044319154

Administrasi Negara (S1) Semarang Juara 2 (Medali Perak) Kategori Lead Men Single Cabang Olahraga Panjat Tebing
5. Irsyad

NIM. 859495916

PGSD (S1) Majene Juara 3 (Medali Perunggu) Sepak Takraw
6. Jeremi Andre Wattimena

NIM. 043702665

Ilmu Hukum (S1) Batam Juara 2 (Medali Perak) Kategori Putra 74 Kg Cabang Olahraga Taekwondo

Selamat kepada para mahasiswa UT yang telah mengikuti dan meraih juara POMNAS XVII Tahun 2022. UT berharap agar mahasiswa dapat terus meningkatkan prestasi, meningkatkan disiplin belajar, dan tetap semangat berlatih agar meraih prestasi yang gemilang dalam bidang akademik dan non akademik. Mahasiswa UT juga diharapkan dapat mengikuti seleksi pada event POMNas maupun event ajang prestasi lainnya pada masa yang akan datang. (UT/RED)

Advertisement

Populer