Connect with us

Cek Fakta

Megawati Resmi Tunjuk Ganjar Pranowo Sebagai Calon Presiden Untuk Pemilu 2024, Cek Faktanya! Awas Hoaks!

[SALAH] Megawati Resmi Tunjuk Ganjar Pranowo Sebagai Calon Presiden Untuk Pemilu 2024

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya sampai sekarang belum ada pernyataan resmi dari PDIP terkait dengan siapa calon presiden yang akan diusung untuk pemilu 2024 mendatang.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====

Advertisement

[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: FACEBOOK

archive.fo/wWxEA

Advertisement

https://fb.watch/dM0RmrSol1/

=====

[NARASI]:

“RESMI TUNJUK GANJAR.! PEMER!NTAH M4R4H BESAR, LAKUKAN TIND4KAN INI ~ JOK0WI, MEGAWATI,PUAN MAHARANI”

=====

Advertisement

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang menampilkan gambar judul sebuah video dengan klaim bahwa Megawati telah resmi menunjuk Ganjar sebagai calon presiden Indonesia di pemilu 2024. Narasi dalam unggahan ini juga menambahkan bahwa Megawati mengucapkan pernyataan ini dengan emosional.

Namun setelah menelusuri dan melihat video ini lebih lanjut ternyata tidak ditemukan sama sekali adegan Megawati mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden untuk pemilu di tahun 2024 mendatang. Video ini ternyata berisi kumpulan video-video pendek yang terus diulang dan diisi dengan narasi opini tentang calon presiden dari Partai PDIP. Di dalam video berdurasi 8 menit 51 detik tersebut terdiri dari kumpulan video yang digabungkan menjadi satu. Seperti video dari Ganjar Pranowo yang mengunjungi Kampung Girpasang dan video arahan dari Puan Maharani pada jajaran pengurus DPC PDIP Boyolali, 19 Januari 2022. Sampai akhir video, tidak ditemukan pernyataan apapun dari Megawati terkait dengan calon presiden di pemilihan umum tahun 2024 mendatang.

Jadi dapat disimpulkan bahwa klaim judul video yang menyatakan bahwa Megawati telah resmi menunjuk Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dari PDIP untuk pemilu 2024 merupakan klaim hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

Advertisement

=====

[REFERENSI]:

https://www.suara.com/news/2022/01/19/160248/tegaskan-kader-pdip-harus-ikut-instruksi-megawati-puan-maharani-jangan-jeruk-makan-jeruk

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/06/17/142951982/hoaks-megawati-memutuskan-ganjar-sebagai-capres-yang-diusung-pdi-p

Advertisement

https://www.solopos.com/ganjar-pranowo-blusukan-ke-girpasang-klaten-warga-terima-kasih-1323562

Source: Turnbackhoaks

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer